Dinas Kebersihan Kota Kupang Olah Sampah Jadi Pupuk Kompos

  • Whatsapp
?

Kupang, seputar-ntt.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang, mengolah sampah di daerah itu menjadi pupuk kompos yang juga bisa dimanfaatkan oleh warga untuk memupuk tanaman.

“Dalam pengolahan sampah menjadi pupuk kompos  kami sudah lakukan dan sudah dipakai di kebun contoh yang afa di dinas ini, dan bahkan hasil tanaman sayur mayur pada ke un yang ada di dinas telah dilakukan  panen  perdana. Untuk itu melalui pengolahan sampah menjadi pupuk kompos dengan  menggunakan mesin pencacah sampah sebagai salah satu upaya mengatasi masalah sampah yang ada di daerah ini,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan  Kota Kupang, Obed Kadji kepada wartawan usai melakukan panen perdana sayur mayur dengan menggunakan pupuk organik hasil olahan dinas tersebut, Senin (22/5/2017).

Ia mengatakan, pembuatan pupuk organik ini sebagai suatu contoh bagi kelurahan yang telah mendaptkan bantuan mesin tersebut, sehingga sampah yang di buang tersebut punya nilai ekonomi dan bermafaat.

“Kami lakukan ini  adalah sebagi contoh guna nantinya masyarakat  bisa melakukannya,”ujat Obed.

Obed mengaku, sebagai dinas yang menangani sampah di kota ini tentunya tidak hanya bisa menghimbau, tetaoi harus memberikan contoh.” Memang dalam memdorong masyarakat dalam mengolah sampah masyarkat tidak bisa langsung namun secara berlahan melalui kelompok-kelompok yang dibentuk ditingkat kelurahan,” katanya.

Ia menyebutkan, volume sampah di Kota Kupang yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir cukup banyak dan sebagian besar berasal dari rumah tangga.

Untuk mengangkut sampah-sampah tersebut digunakan armada angkutan yakni dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore

” Dalam pengangkutan sampah ini di bagi dalam tim,” ujarnya. (riflan hayon)

Komentar Anda?

Related posts