Pemkot segera salurkan Bansos Rastra 16.740 KPM

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com—Dalam minggu ini Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang segera menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) bagi 16.740 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Untuk itu Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore meminta agar para lurah segera memberikan daftar masyarakatnya yang akan menerima Bansos Rastra, sehingga semua dapat selesai pada akhir minggu depan.

Permintaan Jefry Riwu Kore tersebut diungkapkan saat peluncuran Bansos Rastra 2018, di Gudang Bulog Divre NTT, Jumat (19/1/2018).

“Para lurah harus segera siapkan nama-nama KPM, biar nanti staf kami yang mencetak nama-namanya, kalau perlu biar saya yang tanda tangani langsung,” pinta Jefry Riwu Kore.

Dijelaskan Jefry Riwu Kore, peluncuran Bansos Rastra khusus Kota Kupang ini sebagai wujud tanggung jawab Pemkot Kupang terhadap peningkatan ekonomi di kota ini. Untuk itu harus segera disalurkan Bansos Rastra ini, sehingga nilai inflasi dari beras bisa ditekan.

“Kami akan segera memberikan bantuan ini kepada saudara yang membutuhkan, karena ternyata data yang masuk ke kita sekitar 16.740 KPM, 13.740 KPM akan menerima Bansos Rasrta dari Pemerintah Pusat (Pempus), sedangkan sisanya 3.000 KPM dari Pemkot Kupang,” ujar Jefry Riwu Kore.

Diakui Jefry Riwu Kore, kadangkala masyarakat tidak mendapat informasi waktu pengambilan Bansos Rastra ini, untuk itu para lurah harus pro aktif dengan memberikan surat pemberitahuan kepada mereka.

“Kita punya rencana bukan hanya memberikan beras, tapi bantuan dari Pemkot berupa minyak goreng. Memang ini belum dianggarkanb dan saya janji untuk tahap berikutnya baru dianggarkan dalam APBD Perubahan Kota Kupang,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Bulog Divre NTT, Afdal Marilius Sulaiman melaporkan bahwa, peluncuran Bansos Rastra 2018 di Kota Kupang diperuntukan bagi 13.740 KPM atau total dalam satu bulan `137.400 kg.

“Bansos Rastra baru dimulai, karena yang mana sebelumnya kita kenal Rastra atau Raskin. Perbedaannya Rastra yang lalu dengan Bansos Rastra hanya pada pembiayaannya saja, kalau Sastra dapat subsidi tapi Bansos Rastra belanja barang atau gratis untuk KPM,” tandasnya.

Dengan peluncuran Bansos Rastra ini, lanjut Afdal, akan membantu KPM, sekaligus membantu mereka disaat harga beras sedang gonjang ganjing.

“Dengan meluncurkan sekarang, bahkan sejak bulan Oktober 2017 melaksanakan OP tentunya akan bertambah persediaan beras di masyarakat, yang akhirnya menekan untuk tidak naik harganya,” harap Afdal.

Pihaknya berharap lagi, agar kelurahan bisa segera menyalurkan di bulan ini, bahkan Kemensos menginstruksikan harus habis tanggal 20 Januari, karena sudah bisa disalurkan sejak tanggal 16 Januari 2018 lalu. (ira)

Komentar Anda?

Related posts