Arif Firmansya, ASN Lapas Kalabahi Ikut Lomba Tahfidz Al-Qur’an di Lingkup Kanwil Kemenkumham NTT

  • Whatsapp
Share Button

Kalabahi,seputar-ntt.cim – Salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Arif Firmansya mengikuti Lomba Tahfidz Al-Qur’an Antar ASN di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT secara virtual, Sabtu, 26/11/2022

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan didampingi Ketua Majelis Taklim Masjid At Taubah, Mahmud B. S. Gorang dan Anggotanya, Ismail Dusu.

Sebelum mengawali lomba, Ketua Majelis Taklim Pengayoman, Mustafa Beleng melantunkan surah ke-89 dalam Al-Qur’an, yakni Surah Al Fajr. Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 30 ayat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Mohamad Ichsan menyampaikan, lomba tahfidz ini merupakan kegiatan perdana yang mengikutsertakan seluruh pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT.

“Kegiatan yang diprakarsai oleh Majelis Taklim Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT ini dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” tutur Ichsan.

Ichsan juga menjelaskan, kesiapan 15 peserta ASN yang berasal UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT menjadi awal yang baik kedepannya untuk mempercepat perwujudan aparatur yang profesional dan integritas sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Surah yang wajib dihafalkan, yakni Surah Al-Fajr, dilanjutkan pemilihan 1 (satu) hafalan pilihan dari 4 (empat) Surah yang telah ditentukan penyelenggara, yakni Surah Al Balad, Surah Al Lail, Surah Al-Ghasyiyah dan Surah Al Buruj,” jelasnya.

Ia lalu memberikan informasi, Dewan Hakim dalam pelaksanaan lomba ini sebanyak 3 orang yang berasal dari lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT yang sudah berpengalaman dan kompeten di bidang tilawatil Qur’an, yakni Ustadz Sanu Bajuri, Ustadz Masdriansyah dan Ustadz Hamzah.

“Saya berharap para peserta lomba dapat mematuhi aturan dan tata tertib yang telah ditentukan oleh penyelenggara dan para Dewan Hakim dengan semangat menjaga persaudaraan,” ungkap Ichsan.

Sementara itu, Idam Wahyu Kuntjoro selaku Plh. Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT menegaskan, kegiatan ini perlu senantiasa didorong agar kedepannya dapat menciptakan aparat yang bersih dan jauh dari pikiran dan perbuatan yang bertentangan dengan agama.

“Kegiatan ini juga sebagai wahana untuk mengulang-ulang kembali hafalan Al Qur’an yang telah dihafal oleh ASN. Jangan hanya menghafal karena hendak mengikut ajang perlombaan atau mendapatkan hadiah dari penyelenggara, tetapi saudara menghafal supaya semata-mata karena bernilai ibadah,” pesan Idam saat membuka Lomba Tahfidz.

Kegiatan dilanjutkan pembacaan Surah wajib dan pilihan yang dipilih masing-masing peserta secara acak dan dipandu oleh Muhammad Ramlan dan Winda Febriyanti sebagai pembawa acara Lomba Tahfidz Al-Qur’an Antar ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT.

ASN Lapas Kelas IIB Kalabahi, Arif Firmansya Da Costa sebagai peserta yang mendapatkan nomor urut 8 untuk membacakan Surah wajib dan pilihan.

Diakhir perlombaan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi mengharapkan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

“Soal menang dan kalah itu urusan kemudian. Yang terpenting dari kegiatan seperti ini adalah para peserta lomba dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan mereka untuk cinta Al-Qur’an, menjadi ASN yang profesional dan berintegritas, serta menumbuhkan kebiasaan baik menghafal Al-Qur’an serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus mempererat silaturahmi,” pungkas Yusup. (Humas)

Komentar Anda?

Related posts