Way 2 East Gelar Festival Adventure Indonesia di Alor

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – PT Way 2 East sebuah perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa pengembangan kepariwisataan khusus di Indonesia bagian timur, akan menggelar Festival Adventure Indonesia (FAI) di Kabupaten Alor.

“Kegiatan ini akan berlangsung pada 15 – 20 September 2015,” kata Adi Gerimu, pendiri PT. Way 2 East Indonesia kepada Seputar NTT, Selasa (7/3/2015).

Dia menjelaskan untuk kegiatan FAI ini, Pemda Alor telah menyiapkan 14 destinasi terbaik yaitu,
Kota Kalabahi, Pantai Maimol, Pulau Sika, Pantai Deere, Pantai Batu Putih, Pulau Kepa, Pulau Ternate, Gunung Sirung, Pulau Pantar, Pulau Pura, Pulau Buaya, Desa Monbang/Kabola, Desa Takpala dan Desa Bampalola.

“Festival Adventure Indonesia tahun 2015 ini didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata, PEMDA Provinsi NTT dan PEMDA Kabupaten Alor,” jelasnya.

Menurut Adi, Festival Adventure Indonesia adalah event khusus bagi para petualang yang cinta dengan alam dan budaya Indonesia serta kehidupan masyarakatnya yang masih asli (tradisional) dan tetap terjaga sampai sekarang ini.

“Dalam kegiatan ini para petualang akan melakukan aktivitas seperti menyelam (diving), bersepeda (cycling), pendakian (trekking/hiking), fotografi, kuliner (culinary), menginap di kampung-kampung adat dan berbaur dengan masyarakat lokal,” paparnya.

Tujuan dari kegiatan ini jelas Adi adalah untuk mempromosikan potensi-potensi wisata di Kabupaten Alor dengan baik dan tepat. Meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Menjadikan Kabupaten Alor sebagai destinasi unggulan di Nusa Tenggara Timur selain pulau Komodo dan Kelimutu. Mengangkat citra Kabupaten Alor sebagai tujuan wisata minat khusus. Mampu meningkatkan daya saing kepariwisataan lokal dan internasional serta menjadi daerah yang mandiri dan kreatif.
“Selain itu, juga meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya sektor wisata bagi kelangsungan hidup ke depan. Menciptakan sumber daya manusia yang berwawasan dan kompetitif. Merangsang interaksi sosial masyarakat sekitar tempat wisata dengan wisatawan dan merangsang tanggapan masyarakat setempat sesuai dengan kemampuan mereka dalam beradaptasi baik dalam bidang perekonomian, kemasyarakatan maupun kebudayaan mereka,” ungkapnya.

Dia mengakui, daerah-daerah di Indonesia bagian timur dianugerahi kekayaan alam dan budaya yang tiada tara. Tidak bisa dipungkiri bahwa semua kekayaan alam tersebut belum digali, diolah, dan dimanfaatkan secara maksimal untuk keperluan orang banyak.

Melihat kondisi tersebut perlu adanya inisiatif untuk mengembangkan serta mempromosikan kekayaan tersebut sehingga sebagai masyarakat Indonesia tergerak untuk bersama-sama mengeksplorasi dengan penuh tanggung jawab agar dapat menghasilkan faedah tidak saja bagi masyarakat setempat tetapi juga masyarakat di luar daerah tersebut.

“Salah satu bentuk upaya yang PT. Way 2 East Indonesia wujudkan adalah membuat sebuah kegiatan adventure yang sangat cocok diselenggarakan di kepulauan yang indah Kabupaten Alor, yaitu Festival Adventure Indonesia (FAI),” kata Adi.

Untuk diketahui, PT. Way 2 East Indonesia adalah perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa pengembangan kepariwisataan khusus di Indonesia bagian timur dengan basis bisnisnya menjalankan portal wisata beralamat www.way2east.com.

Didirikan pada 2012 oleh Adi Gerimu, putera daerah asal Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur yang memiliki kepedulian terhadap kemajuan pariwisata di tanah kelahirannya dan daerah-daerah Indonesia bagian timur lainnya dengan didukung oleh para profesional di bidang pariwisata.

Pada 24-28 September 2014 telah berhasil menyelenggarakan Festival Adventure Indonesia pertama yang diselenggarakan di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Kini PT Way 2 East telah resmi ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Dinas Pariwisata Kabupaten Alor sebagai event organzier Festival Adventure Indonesia 2015 di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. (joey)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60