Tahun Ini Kementerian Perhubungan Bangun 13 Dermaga di NTT

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Pemerintah Pusat lewat Kementerian Perhubungan mengalokasi dana untuk membangun 13 dermaga di Provinsi NTT tahun ini. Ditargetkan lima tahun kedepan 73 dermaga sudah rampung dibangun di seluruh NTT sehingga membuka isolasi wilayah di daerah ini.

“Ada 73 dermaga di NTT yang telah masuk sarana induk nasional. Tahun ini 13 dermaga dibangun  untuk mendukung kebijakan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) terkait Tol Laut” kata Kepala Dinas Pehubungan NTT Ricard Djami di Kupang, Rabu, (4/3/2015).

Banyaknya dermaga yang dibangun di NTT, menurut dia, karena NTT merupakan provinsi kepulauan, dan dermaga terbanyak berada di Kabupaten Flores Timur. Pembangunan dermaga ini, katanya, akan dilakukan secara bertahap. “Saat ini, sementara dibangun sebanyak 38 dermaga. Pembangunannya bisa 5-10 tahun kedepan” katanya.

Untuk mendukung kebijakan tol laut yang merupakan salah satu program pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla (Jokowi-JK), maka di NTT terdapat satu pelahuhan yakni Tenau Kupang yang dijadikan sebagai tol laut, dari 24 pelabuhan yang dicanangkan menjadi dermaga tol laut.

Tol laut yang dibangun ini, lanjutnya, dimaksudkan untuk membuka konetivitas pelayaran antar provinsi sehingga kebutuhan pokok di Indonesia Barat dan Timur serasi. “Jangan sampai harga beras di Papua, lebih mahal dibandingkan di Kupang,” katanya. (joey)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60