Puskesmas Alor Kecil Catat Jumlah Pasien DBD Meningkat Jadi 18 Orang

  • Whatsapp

Kalabahi, seputar-ntt.com – Puskesmas Alor Kecil mencatat, jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kian meningkat.

Menurut KTU Juliana Tella, hingga 14/3/2024, ada 18 pasien yang tengah dirawat di puskesmas tersebut.

“Dalam sepekan, kasusnya bertambah dari 10 menjadi 18 orang penderita. Pasien pun sementara dirawat disini,” kata Tella kepada media, Minggu, 17/3/2024.

Lanjutnya, awal kasus ini terjadi di Desa Alor Kecil, namun kini telah menyebar ke beberapa desa lain.

“Ada 14 pasien dari Alor Kecil, 1 dari Desa Lewalu dan 6 dari Desa Dulolong. Lonjakan kasus ini baru pertama kali terjadi di puskesmas ini,” sambungnya.

Terkait bertambahnya kasus ini, pihaknya meminta seluruh warga untuk terus waspada akibat cuaca yang tidak menentu.

“Sebagai langkah penanganannya, kami langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor untuk melakukan penanganan dengan fogging,” kata Juliana.

Sementara untuk mengantisipasi penyebaran secara meluas, Puskesmas Alor Kecil menempuh langkah koordinasi lain yakni mengumumkan secara terbuka, di seluruh desa untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan lingkungan.

“Merupakan tugas kita bersama dalam mengantisipasi penyebaran DBD dengan gerakan 5M,” ujarnya.

Tella menjelaskan, Gerakan 5M yakni Menguras bak mandi dan tempat penampungan air lainnya, Menutup tempat-tempat penampungan air, Mengubur atau menyingkirkan wadah-wadah tertentu, Mendaur ulang barang-barang yang dapat dijadikan tempat berkembang biak nyamuk, serta Menabur bubuk abate pada tempat-tempat air yang sulit dikuras.

“Gerakan 5M adalah strategi yang efektif untuk mengurangi resiko DBD ini. Untuk itu saya tegaskan kembali, perlu peran aktif seluruh masyarakat dalam pencegahan penyakit ini,” tutup Juliana Tella (Pepenk)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *