Pemkot Gelontorkan Rp 2 Miliar Untuk Lampu Jalan

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang menggelontorkan Rp.2 miliar untuk perbaikan lampu jalan yang ada di Kota Kupang. Dana sebesar itu akan dimanfaatkan untuk memperbaiki setidaknya 2000 titik lampu jalan yang ada di Kota Kupang.

“Untuk menjawab keluhan masyarakat di tahun lalu, maka tahun ini Pemkot siapakan dana perbaikan lampu jalan yang rusak,” jelas Kepala Bagian Umum Sekretariat Kota Kupang Jhony Bire di ruang kerjanya kepada wartawan, Rabu (4/3/2015).

Dia menjelaskan, kebanyakan lampu jalan di Kota saat ini menggunakan lampu jenis mercuri sehingga untuk tahun 2015 ini diganti dengan lampu jenis LED. “Kita sudah koordinasi dengan pihak PLN untuk menggunakan lampu mercuri dengan LED, karena itu kontrak yang kemarin harus diubah,” tambahnya.

Secara teknis jelas Jhony Bire, lampu jalan yang menggunakan LED akan lebih hemar aliran listrik bila dibanding jenis lampu Mercuri. Dia mencontohkan, saat Pemkot memasang lampu jalan di depan Kampus Undana dengan jenis lampu mercuri, saat dihidupkan meneydot arus yang cukup besar sehingga ada lokasi yang harus dipadamkan.

Dia juga menyebutkan, janji Walikota Kupang untuk memberikan lima titik lampu jalan untuk tiap kelurahan, tahun ini akan segera terealisasi. Bahkan, tidak hanya lima titik lampu yang akan dipasang melainkan lebih, tergantung dari kondidi wilayah kelurahan. “Kalau semua sudah terpasang Kota Kupang akan terang benderang di malam hari,” katanya.

Jhoni mengakui, jalur jalan SK Lerik belum dapat dipasang lampu jalan karena posisi tiang listrik yang terlalu jauh letaknya dari bahu jalan. Selama ini, banyak lampu jalan yang masih memanfaatkan tiang listrik milik PLN. Sehingga, ke depan akan disiapkan tiang baru untuk pemasangan lampu jalan di jalur jalan tersebut.

Saat ini ungkap Jhony Bire, proses tender lampu jalan sudah dilakukan sehingga pada bulan April nanti sudah bisa pengadaan barang. “sekarang lagi proses tender, paling lambat bulan April sudah pengadaan barang,” harapnya. (riflan hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60