Paket Mandiri dan Tulus Siap Hadir Dalam Debat Terbuka

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Dua pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Sabu Raijua memastikan diri akan hadir dalam debat terbuka kandidat yang akan di gelar KPU Sabu Raijua pada Jumat, (6/11/2015). Kedua Paslon yang telah menyatakan diri siap ini adalah Pasangan Marthen Dira Tome dan Nikodemus Rihi Heke atau Paket Mandiri dan Pasangan Thobias Uly dan Yusuf Dominggus Lado atau paket Tulus. Sementara Pasangan Kirenius Buli dan Yusuf Alboneh memastikan diri tidak hadir karena dalam keadaan sakit.

Calon Bupati dari Paket Mandiri, Marthen Dira Tome yang dikonfirmasi Seputar NTT mengatakan, dirinya siap menghadiri kegiatan yang digelar KPU tersebut. “Kami siap hadir untuk memenuhi tahapan Pilkada yang telah diatur oleh KPU Sabu Raijua. Saya pikir itu sesuatu yang postif,” kata Marthen lewat telepon selularnya, Kamis (5/11/2015).

Ditanya apa saja persiapan yang disiapkan untuk debat nanti, Marthen Dira Tome mengaku tidak ada ada persiapan khusus untuk debat. Namun dirinya yakin semua materi yang akan disampaikan telah dikuasi sehingga tidak perlu persiapan khusus.

“Tidak ada persiapan khusus, yang jelas bahwa visi misi serta program kerja kita lima tahun kedepan sudah ada dalam kepala sehingga saya tidak ragu. Kita percaya bahwa debat ini akan berjalan baik dan memberi pencerahan politik bagi masyarakat di daerah ini,” pungkasnya.

Calon Bupati dari Paket Tulus, Thobias Uly yang dikonfirmasi menyampaikan kesiapannya untuk hadir dalam debat nanti. “Kita pasti hadir ama. Saya masih ada melayat di rumah duka,” ungkapnya sambil menutup telepon selularnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Calon Wakil Bupati dari Paket Tulus, Yusuf Dominggus Lado mengatakan, dirinya bersama calon bupati sudah menyaipkan diri menghadapi acara debat nanti. “Kita sudah suiapkan visi misi dan program kita. Ininya bahwa debat ini sangat baik dan kita berharap berjalan sesuai koridornya. Ini bukan untuk berkelahi jadi tidak perlu siap apa-apa” ungkapnya singkat.

Sementara Pasangan Calon Kirenius Buli dan Yusuf Alboneh menyatakan diri tidak bisa menghadiri kegiatan yang diadakan KPU tersebut karena sedang dalam kondisi sakit. “Saya ada datang periksa karena ada sakit ama, Calon bupati juga ada sakit sehingga kita tidak bisa hadir. Kami harap ketidak hadiran kami bisa memberi waktu lebih banyak bagi Mandiri dan Tylus menyampaikan visi dan misi mereka,” ungkap Yusuf Alboneh.

Ketua KPUD Sabu Raijua, Yudhi Tagi Huma mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan acara debat kandidat. “Saat ini ita sedang mempersiapkan segala sesuai yang berkaitan dengan kegiatan debat Pasangan Calon yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 November nanti,” kata Ketua KPUD, Sabu Raijua, Yudhy Tagi Huma kepada Seputar NTT, Senin, (2/11/2/2015).

Yudhi menjelaskan, KPUD menyiapkan 650 undangan untuk mengikuti kegiatan debat terbuka ini. Pihaknya juga telah menyusun mekanisme debat sehingga bisa berjalan sesuai aturan. “Jadi debat ini kita bagi
dalam empat segemen,” ungkapnya.

Keempat segemn tersebut papa Yudhi, yakni segmen pertama pemaparan visi-misi dari masing-masing Paslon, segemen kedua yakni apa yang akan dilakukan oleh jika terpilih nanti, segemn ketiga, masing-masing Palon saling melemparkan pertanyaan dan segemen terakhir adalah statmen terkahir oleh Paslon untuk mengajak masyarakat mendukung mereka.

“Kita juga sudah seting supaya dalam pertanyaan yang diajukan oleh Paslon tidak menyerang pribadi. Setiap segmen kita siapkan hiburan untuk menghilangkan kejunuhan atau ketegangan,” ungkap Yudhi. (joey)

Komentar Anda?

Related posts