Nafsiah Mboi : Pemkot Perbaiki Kondisi RSU Kota

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang,Seputar NTT.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia. Dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH, meminta Pemerintah Kota ( Pemkot) Kupang khususnya pimpinan Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Kupang agar memperbaiki kondisi RSU yang saat ini kurang bagus.

Pasalnya, dengan kondisi RSUD W.Z Yohanes yang jorok akan membuat RSU Kota sebagai tempat alternative bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Hal ini disampaiakan Nafsiah Mboi, saat melakukan dialog bersama para dokter dan perawat di aula RSU Kota Kupang,Rabu (4/9).

Read More

banner 300250

Menurut Nafsiah, jika dilihat dari tingkat pendapatan daerah, maka pendapatan RSU cukup tinggi, namun RSU ini tidak ditata dengan baik. Dengan penataan yang baik maka bukan tidak mungkin RSU Kota akan menjadi pilihan utama masyarakat dalam hal berobat ketimbang RSUD W.Z Yohanes sudah terlalu sambrawut.

“Dengan kondisi RSUD Yohanes yang kurang bagus tersebut maka para pasien bisa dialihkan ke RSU Kota dan RSU di kabupaten, karena itu RSU Kota perlu diperbaiki kondisinya karena saat ini belum maksimal,” katanya.

Nafsiah mengatakan, RSU Kota merupakan fasilitas penting dan vital bagi masyarakat sehingga sarana dan prasarana harus ditata dengan baik dan terus meningtkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga tidak tergantung dengan RSUD Yohanes.

“Dengan pendapatan Rp 5 milliar pertahun tersebut, maka seyogyanya sarana dan prasarana sudah bisa diperbaiki tidak lagi meminta bantuan dari pemerintah pusat,” katanya.

Nafsiah berharap, sistem transpara didalam mengelola RSU harus dilakukan mulai dari staf hingga pejabat. Demikian juga dengan sistem komunikasi antara masyarakat dan para petugas di RSU harus terbina dengan baik, sehingga mutu dan pelayanan di RSU ini bisa bagus.

“Saya tidak heran kenapa RSU swasta pelayanan nya lebih baik dari RSU pemerintah,karena belum adanya keterbukaan dari pimpinan RSU dengan para staf dalam ini dokter sehingga berimbas pada mutu pelayanan. Kalau pelayanan bagus dapat membuat daya tarik bagi masyarakat akan” katanya. (joey)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60