Mahasiswa MBKM FISIP Unwira Sosialisasi Bahaya Bullying di SMPN Satap Riangduli

  • Whatsapp

Kupang, seputar-ntt.com – Mahasiswa MBKM FISIP Unwira Kupang melakukan sosialisasi mengenai bahaya bullying di SMP Negeri Satap Riangduli, Kecamatan Witihama, Flores Timur. Pemateri dalam kegiatan sosialisasi ini adalah Reginaldus Yondelson Rawi sebagai peserta MBKM Fisip Unwira. Sosialisasi ini diikuti oleh para guru, siswa siswi kelas VII dan VIII sebanyak 84 siswa/i.

Dalam kegiatan ini Enald Rawi membawakan materi tentang bahaya bullying. Pemateri ingin menjelaskan bahwa pencegahan bullying harus di lakukan di semua aspek kehidupan anak karena dalam masa pertumbuhan anak menyerap informasi dari berbagai pihak. Saat ini, bullying telah menjadi sebuah tindakan yang sangat mengkhawatirkan oleh karena itu perlu untuk memberikan pemahaman terhadap bullying dan menimbulkan kesadaran bagi siswa-siswi bahwa mereka memiliki hak untuk diperlakukan secara baik oleh rekan-rekanya.

Kegiatan ini harus dilakukan untuk melawan bullying, diharapkan anak-anak muda di seluruh Indonesia mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya dari tindak bullying terhadap fisik dan mental sehingga tak ada lagi korban dari tindakan bullying, serta semakin menyebarkan kepedulian masyarakat mengenai tindak bullying itu sendiri.

Untuk melawan bullying lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat perlu menanamkan nilai-nilai yang baik pada anak-anak seperti, ajarkan cinta kasih antar sesama, membangun rasa percaya diri anak, kembangkan kemampuan sosialisasi anak, ajarkan etika terhadap sesama, tanamkan nilai-nilai keagamaan, pembentukan nilai-nilai persahabatan, pemberdayaan siswa untuk pro-sosial, aktif & berprestasi, dan membangun komunikasi efektif.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan bisa membawa dampak positif bagi siswa siswi saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dan mengatasi atau mencegah terjadinya bullying di lingkungan sekolah.(*)

 

Komentar Anda?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *