Kabupaten Kupang Jadi Pusat Pertanian Lahan Kering

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Oelamasi,seputar-ntt.com – Dalam rangka pembentukan pusat pertanian-peternakan dan pengembangan pertanian lahan kering di NTT, Universitas Nusa Cendana dibawah pimpinan Rektor Prof. Fred Benu melakukan berbagai gebrakan guna mewujudkan hal tersebut.Salah satunya ialah saat rektor Undana Profesor Fred Benu didampingi Pembantu Rektor (Purek) I, David Pandie menemui Bupati Kupang, Drs. Ayub Titu Eki, MS,Ph.D Senin (23/12) lalu di oelamasi. Turut hadir pada pertemuan ini Sekda Kabupaten Kupang Hendrik paut.

Prof. Fred Benu menyatakan, tujuan kedatangannya bertemu Bupati Kupang  ini untuk menyampaikan rencana Undana yang akan membangun pusat pertanian lahan kering di wilayah Kabupaten Kupang.
Dikatakan, pemilihan Kabupaten Kupang sebagai lokasi pusat pertanian lahan kering ini karena Kabupaten Kupang merupakan Kabupaten terdekat Undana sehingga memudahkan perhatian dan sistem kontrol sehingga Pusat Pertanian tersebut benar-benar dapat berkembang dan berjalan dengan baik.

Fred mengharapkan lokasi pusat pertanian lahan kering ini tidak terlalu jauh dari Kota Kupang yakni disekitar Kecamatan Kupang Tengah. Terkait dengan luas area 5-10 hektare yang diperlukan untuk pembangunan ini,  dirinya mengharapkan Bupati Kupang dapat memberikan bantuan lahan yang sistem kerjasamanya dapat diatur apakah sewa pakai atau dijadikan aset tetap Undana sehingga proses pembangunannya dapat segera dilaksakan dengan baik pada tahun-tahun mendatang.

Profesor Fred Benu berharap suatu saat pusat pertanian lahan kering ini dapat menjadi pusat percontohan pertanian lahan kering Nasional bahkan internasional.
“Saya harap pertanian lahan kering ini menjadi ciri khas Undana dan menjadi keunggulan komparatif Undana ditinggkat nasional bahkan dunia,” tandas Rektor Undana periode 2013-2018 ini.

Sementara itu Bupati Titu Eki merespon baik rencana pembangunan pusat pertanian lahan kering di Kabupaten Kupang. Menurutnya, pembangunan ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Kupang yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Karena itu dirinya berharap pusat pertanian lahan kering ini selain sebagai pengembangan pendidikan Undana tetapi juga dapat memberikan manfaat nyata bagi perkembangan pertanian masyarakat di wilayah Kabupaten Kupang.

“Undana sebagai Perguruan tinggi negeri yang yang memiliki ilmu pengetahuan dengan segala kapabilitasnnya kehadirannya ditengah-tengah masyarakat pasti mampu mendongrak kehidupan masyarakat menjadi lebih baik lagi,” ungkap Bupati Titu Eki.

Terkait lokasi lahan yang tepat untuk pembangunan pusat pertanian lahan kering ini Bupati Titu Eki nyatakan siap sediakan dan tidak ada masalah, akan segera di identifikasi dan disampaikan kepada pihak Undana sedangkan untuk masalah teknisnya akan langsung ditangani.

“Semua kita responi dengan baik dengan harapan masyarakat dapat membantu dan mengembangkan pertanian masyarakat,”  ucap Bupati Titu Eki.

Sementara itu Purek I Undana David Pandie mengatakan, pusat pertanian lahan kering ini akan dijadikan sebagai pusat training pertanian dan peternakan yang dikontrol dan dikembangkan secara baik, terpusat, disertai dengan pendampingan. Sehingga pusat pertanian lahan kering ini diharapkan akan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.(sho)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60