Gandeng Yayasan JPM, PLN NTT Resmikan Jaringan Air Bersih Bagi Warga Desa Nunsaen

Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – PLN Unit Induk Wilayah NTT dalam kerjasama dengan Yayasan Jaringan Peduli Masyarakat (JPM) melaksanakan kegiatan “Peresmian & Serah Terima Pembangunan Jaringan Air Bersih” yang merupakan bagian dari Program Desa Sanitasi Sehat pada hari Sabtu, 19 Februari 2022 di Dusun 4, Kabuka, Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang.

Pembangunan Jaringan air bersih ini sebagai bentuk dukungan pada pemerintah kabupaten Kupang dalam upaya mengurangi prevalensi angka stunting di kabupaten Kupang dan selaras dengan upaya pemerintah kabupaten Kupang untuk menurunkan angka stunting sebesar 10% dari pencapaian sebelumnya dalam tahun 2021. Untuk itu, PLN UIW NTT & JPM melalui kolaborasi dengan pemerintah Desa Nunsaen & warga Dusun 4 Kabuka, melaksanakan rehabilitasi dan pembangunan jaringan air bersih untuk menyediakan akses air bersih di Dusun 4 Kabuka, Desa Nunsaen dan untuk memenuhi salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (The Sustainable Development Goals) yang dicanangkan oleh World Health Organization yakni Air bersih dan Sanitasi.

Kegiatan “Peresmian & Serah Terima Pembangunan Jaringan Air Bersih” dibuka oleh Bupati Kabupaten yang diwakili oleh Kepala Bagian Perekonomian, Bapak Yopiter Nau, melalui sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan bergotong royog dalam membangun jaringan air bersih ini, kepada PLN UIW NTT, Yayasan JPM hingga masyarakat yang tidak kenal lelah bekerja demi terwujudnya akses air bersih yang lebih mudah di Dusun 4 Kabuka ini. Beliau juga berharap masyarakat dapat menerapkan segala ilmu yang telah dibagikan selama proses pembangunan ini untuk menjaga dan merawat jaringan air yang sudah dibangun, tidak hanya bangunan dan perpipaan tetapi masyarakat juga harus sadar untuk menjaga kelestarian alam sekitar mata air, karena jika pepohonan dan tumbuhan-tumbuhan sekitar tidak dijaga, dapat dipastikan mata air kabuka ini, suatu saat akan mengering dan tidak akan bisa dirasakan anak-anak dan cucu-cucu kita di masa depan”.

Dalam kegiatan ini, General Manager dari PLN Unit Induk Wilayah NTT yang diwakili oleh Vincentsius Leonardo, Assistant Manager Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UIW NTT, juga turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam program Desa Sanitasi Sehat ini terutama kepada Pemerintah Desa Nunsaen yang telah bekerjasama memberi dukungan kepada pembangunan jaringan air bersih ini. Beliau juga turut menyampaikan pesan bagi masyarakat dusun 4 kabuka bahwa “Kami berharap jaringan air bersih ini tidak hanya memenuhi kebutuhan rumah tangga keluarga-keluarga ditempat ini, namun juga dapat berkontribusi mengatasi permasalahan Stunting & Gizi buruk di Dusun 4 Nunsaen”.

Program Desa Sanitasi Sehat memberikan dukungan berupa pembangunan rumah reservoir yang berisi 2 buah tandon berukuran 3300 Liter dan 1 buah tandon ukuran 5300 liter, pembangunan 3 tugu keran umum serta merehabilitasi 5 tugu kran umum yang sudah ada. 2 tugu keran dibangun di Posyandu Dusun 4 dan di SDI Nunsaen, termasuk penggalian dan instalasi jaringan perpipaan sepanjang 1.700 meter. Pekerjaan ini berkolaborasi dengan dana desa dalam pengadaan sebagian material perpipaan.

Selain memberikan dukungan rehabilitasi jaringan air bersih, PLN UIW NTT bersama Yayasan JPM juga memberikan dukungan berupa penyediaan bibit sayuran, yakni bibit sayur bayam, terong, kangkung, sawi & sawi putih kepada masyarakat setempat agar dapat mengupayakan kebun gizi pekarangan bagi keluarga untuk mempermudah akses sumber makanan bernutrisi bagi keluarga.

Hadirnya akses air bersih yang lebih baik dan dukungan bibit sayuran ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting di Dusun 4 Kabuka, Desa Nunsaen, Kabupaten Kupang.(*)

Komentar Anda?

Related posts