Dua Tahun Tidak Aktif, Oknum BPD di Manggarai Timur Diduga Tetap Terima Gaji

  • Whatsapp

Borong, seputar-ntt.com – Salah seorang oknum Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Vitmus Yadi  di Desa Rengkam, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur menjadi sorotan.

Pasalnya, sudah dua tahun lebih Vitmus Yadi tidak lagi aktif sebagai Anggota BPD Desa Rengkam karena merantau di Kalimantan, namun diduga tetap mendapat tunjangan. Hal ini disampaikan salah satu Mahasiswa asal kampung Ntorang, Desa Rengkam  kepada Seputar-ntt.com pada Kamis, 2 Mei 2024.

Even menjelaskan, bahwa oknum BPD Vitmus Yadi tersebut sudah sejak awal tahun 2022 yang lalu tidak lagi aktif di kantor Desa Rengkam dan tidak pernah dilihat oleh masyarakat.

“Enak sekali dia itu, masih tetap terima gaji. Yang bikin saya bingung siapa yang tanda tangan dan siapa yang terima gajinya dan itu benar-benar sangat tidak etis, jika orangnya sudah tidak bekerja sebagai BPD lagi, namun tetap mendapat tunjangan. Itu uang Negara sehingga harus dikembalikan ke Kas Negara,” jelas Even.

Ia menegaskan bahwa, hal ini tak bisa dibiarkan begitu saja dan meminta Ketua BPD Desa Rengkam sebagai perpanjangan aspirasi masyarakat untuk segera menyikapi persoalan tersebut karena itu merupakan sebuah kewenangan Ketua BPD.

Pada dasarnya, anggota BPD mempunyai beberapa kewajiban, antara lain wajib menyerap, menampung, menghimpun, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat Desa.

“Besar harapan saya agar pihak pimpinan BPD segera mengusulkan usulan surat permohonan pemberhentian Vitmus Yadi”, harapnya.

Menurut Even, ia sudah konfirmasi ke Kepala Desa Rengkam via pesan whatsapp pribadi terkait dengan kejadian tersebut.

“Tabe pak kades, ase mau memberikan informasi dan mau tau status dari anggota BPD desa Rengkam atas nama Vitmus Yadi, apakah sampai sekarang dia masih status anggota BPD di Desa Rengkam”

Merespon terkait peristiwa itu, Kades Rengkam Yosep Ambu mengatakan sedang menunggu kabar dari ketua BPD untuk segera ditindaklanjuti.

“Untuk sementara kita lagi tunggu kabar dari mereka ase, saya sudah sampaikan  supaya segera buat rapat terkait anggota BPD yang sudah  meninggalkan tugasnya”, Ungkap Yosep. (Fidel Sanath)

Komentar Anda?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *