BI Siapkan 1,7 Triliun Uang Tunai Untuk Natal dan Tahun Baru

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang,seputar-ntt.com – Dalam rangka mengantisipasi kebutuhan masyarakat terhadap uang Tunai menjelang hari raya natal dan tahun baru maka Bank Indonesia Perwakilan NTT telah menyiapkan uang kwartal (kertas dan logam) sebesar 1,7 triliun rupiah.

Demikian dkatakan Kepala perwakilan Bank Indoensia (BI) NTT, Naek tigor Sinaga, diruang kerjanya, 20 Desember 2013 terkait persediaan kebutuhan uang tunai menjelang hari raya.

“Untuk tahun ini kita sudah siapkan uang kwartal untuk kebutuhan hari raya sebesar 1,7 triliun. Jadi soal uang tunai tidak ada masalah,”kata Sinaga.

Menurutnya, seperti biasa menjelang hari raya natal dn tahun baru, kebutuhan terhadap uang tunai dan sistem pembayaran non-tunai untuk transaksi masyarakat terjadi peningkatan. Untuk itu pihak BI telah melakukan  langkah-langkah strategis dengan menyiapkan sistem pembayaran tunai maupun non tunai, sehingga dapat melayani kebutuhan masyarakat.

“Untuk pembayaran tunai, BI NTT telah menyediakan uang kartal (kertas dan logam) dengan jumlah pecahan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan menjelang hari raya natal 2013 dan Tahun Baru 2014,”tambahnya.

Bank Indonesia Perwakilan NTT, lanjut Tigor Sinaga, telah memproyeksikan kebutuhan uang untuk bulan Desember 2013, mencapai 1,007 triliun Rupiah atau menurun sebesar 16,083 Miliar  dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun sebelumnya. “Untuk tahun ini outflow nya menurun,” ungkapnya.

Kebutuhan uang pecahan besar atau UPB, yakni Rp.100.000, Rp.50.000, dan Rp. 20.000 diproyeksikan sebesar Rp. 989,788 miliar, sementara untuk uang pecahan kecil dalam hal ini pecahan  Rp.10.000, Rp. 5.000, Rp. 2.000 dan Rp. 1.000 serta uang logam pecahan proyeksinya sekitar 17,615 miliar rupiah.

Persediaan uang tunai di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT saat ini mencapai 1,118 triliun rupiah. Dengan jumlah ini, jelas Tigor Sinaga, dinillai sudah sangat mencukupi dalam memenuhi kebutuhan pada saat hari raya Natal dan Tahun Baru. “ persediaan Uang tunai sangat mencukupi, baik dari sisi total maupun jumlah per pecahan  menejelang hari raya saat ini,” jelasnya.

Selain itu, dalam rangka memperlancar kebutuhan uang masyarakat maka BI juga telah mengambil langkah dengan membuka loket penukaran uang selama lima hari kerja yakni mulai hari Senin sampai hari Jumat dari Pukul 08:00 – 12:00 wita. Selain itu, Pihak BI juga menyediakan pelayanan kas di luar kantor melalui kegiatan kas keliling ke beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur seperti di  Waikabubak, Soe, Labuan Bajo, Ruteng, Borong, Bajawa, serta Sabu.

“Selain itu BI juga membuka kas titipan yang bekerja sama dengan Lembaga Perbankan di Kota Maumere, Kota Atambua, dan Kota Waingapu. Pada intinya, masyarakat tak perlu khawatir soal persediaan uang di hari raya nanti,” pungkasnya. (Joe)

 

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60