KAPAK Sumba Minta Bupati Sumba Barat Ditangkap

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK) Sumba meminta kepada Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (Kejati NTT) untuk segera menangkap Bupati Sumba Barat, Jubilate Pieter Pandango.  Permintaan KAPAK Sumba ini ketika menggelar aksi damai di depan Kantor Kejati NTT, 23 Desember 2013, berkaitan dengan dugaan keterlibatan Bupati Sumba Barat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan 158 unit sepeda motor di Kabupaten Sumba tahun 2012.

Koordinator Lapangan (Korlap) KAPAK Sumba, Marthen Jaga Limu dalam orasinya didepan Kantor kejati NTT mengatakan bahwa Bupati Sumba Barat, Jubilate Pieter Pandango merupakan wabah penyakit yang membawa virus korupsi di Kabupaten Sumba Barat. Salah satu praktek korupsi Jubilate Pieter Pandango katanya adalah dalam kasus dugaan korupsi pengadaan 158 unit sepeda motor di Kabupaten Sumba. Selain itu, dugaan penyalahgunaan kekuasaan dalam penggunaaan kebijakan dana SILPA tahun 2011, yang mana kebijakan untuk pengadaan sepeda motor untuk kepala sekolah, kepala desa dan pendeta se-kabupaten Sumba Barat.

Dijelaskan Marthen, pengadaan sepeda motor tersebut pada awalnya disetujui dalam APBD sebanyak 25 unit dengan menggunakan DAU sebesar Rp 534.872.200.000 namun oleh kebijakan Bupati Pandango, ditambah menjadi 158 unit sepeda motor dengan sumber dana dari SILPA tahun 2011 sebesar Rp 2.754.225.800.000. sehingga seluruh jumlah pengadaan sepeda motor sebesar Rp 3.289.098.000.

Menurutnya, sesuai fakta persidangan menunjukan bahwa kebijakan Bupati Sumba Barat, Jubilate Pandango tanpa meminta persetujuan DPRD Sumba Barat. Padahal sesuai aturan penggunaan dana SILPA mesti melalui persetujuan DPRD Sumba Barat apalagi pengadaan sepeda motor bukanlah sesuatu yang darurat sehingga dengan kewenangan Bupati Sumba Barat dapat mengambil keputusan.

Aksi dari KAPAK Sumba itu diterima oleh Assisten Tinda Pidana Khusus Kejati NTT, Gaspar Kase. Dalam pertemuan dengan KAPAK Sumba, Gaspar mengatakan bahwa saat ini Kajati NTT, Mangihut Sinaga telah memerintahkan Kejari Waikabubak untuk menelusuri kasus dugaan korupsi itu yang diduga melibatkan Bupati Sumba Barat, Jubilate Pieter Pandango. (van)

Komentar Anda?

Related posts