Berbusana Adat, Jajaran Lapas Kalabahi Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

  • Whatsapp
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Bertempat di Aula Lapas Kelas IIB Kalabahi, Rabu, 1/6/2022 pagi, dengan berbusana pakaian adat, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Wawan Irawan beserta seluruh jajaran mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual.

Upacara yang berpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur itu dihadiri Presiden RI, Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo, Ketua MPR, Bambang Soesatyo, Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat dan Bupati Ende, Djafar H. Achmad.

Kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin bersama seluruh pejabat negara.

Selaku Inspektur Upacara, Presiden RI, Joko Widodo Presiden mengenakan pakaian adat Ende, yakni Ragi Lambu Luka Lesu dengan kain motif perpaduan warna merah dan hitam.

Presiden mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini dilakukan di tempat bersejarah yakni Kabupaten Ende.

Di tempat inilah kata Presiden, Soekarno merumuskan Pancasila. “Di Kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila. Yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila bagi bangsa dan negara,” kata Jokowi.

Dari Ende, Presiden dua periode ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama sama membumikan Pancasila, selain mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Pancasila, kata mantan Walikota Solo ini, bukan hanya telah mempersatukan kita semua, melainkan juga telah menjadi penuntun ketika bangsa Indonesia hadapi tantangan dan ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa berdiri kokoh menjadi negara kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan pada pancasila,” Presiden Joko Widodo. (*)

Komentar Anda?

Related posts