Waspada, Semburan Lumpur Dingin Mirip Lapindo Muncul di Semau

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Warga Desa Uiasa, Pulau Semau Kabupaten Kupang terkejut dengan munculnya semburan lumpur dingin mirip lapindo diwilayah mereka. Semburan lumpur dingin ini sudah terjadi sejak dua pekan silam dan semakin meluas.

“Semburannya lumpurnya mencapai 1,5 meter, sekarang telah mengalir hingga radius 800 meter dari titik semburan,” kata Frits, Warga Pulau Semau kepada Wartawan di Kupang, Senin (2/3/2015).

Menurutnya, walaupun semburan lumpur sudah terjadi dua pekan, namun belum ada penangan dari pemerintah. Dikuatirkan jika tidak ada tindakan bisa mengancam pemukiman warga yang tidak jauh dari titik semburan.

“Tidak ada bau belerang, tapi semburannya terus mengalir sehingga warga resah. Titik semburan hanya dipisahkan oleh jalan dan daerah pertanian dengan rumah warga” tambahnya.

Dia mengakui, tanaman warga berupa semangka, jagung maupun kacang yang terkena aliran lumpur semuanya rusak. “Lumpurnya cukup tebal mencapai satu meter. Untuk itu warga sangat berharap ada tindakan segera dari pemerintah sehingga kerusakan tanaman tidak meluas,” ujarnya.

Awalnya, kata Frits, ada tiga titik semburan, namun dua titik sudah berhenti mengeluarkan lumpur dan tinggal satu titik yang aktif. Akibat semburan ini, terjadi retakan tanah sepanjang 500 meter dengan kedalaman satu meter.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Abraham Jumina mengaku belum tahu terjadi semburan lumpur di Pulau Semau. “Kami akan cek luapan lumpur panas di Pulau Semau. Belum ada laporan,” katanya. (joey)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60