Terminal Pelabuhan di Maumere Mulai Dibangun

  • Whatsapp
Share Button

Maumere, seputar-ntt.com  – Rencana PT.Pelindo III untuk membangunan terminal penumpang di pelabuhan Lorens Say Maumere akhirnya dimulai pada Jumat (23/12/2016) siang. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya Groundbreaking pembangunan terminal tersebut.

Terminal penumpang Lorens Say Maumere dibangun untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung majunya roda perekonomian masyarakat serta mendukung perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Sikka.

“Pembangunan di Sektor kemaritiman dan pariwisata saat ini dilakukan dengan sungguh-sungguh karena perekonomian juga diperoleh dari dua sektor tersebut. Pelabuhan-pelabuhan  diwilayah kerja Pelindo III kebetulan secara geografis memiliki potensi tersebut. Untuk sektor pariwisata kami berharap selain Labuan Bajo, Maumere bisa menjadi salah satu destinasi wisata baru bagi wisatawan apalagi Maumere punya keindahan alam yang eksotis,” kata Direktur Utama PT.Pelindo III, Orias Petrus Moedak.

Orias menambahkan bahwa terminal penumpang yang akan dibangun akan menampung lebih dari 1000 penumpang dan mengambil desain atau model bangunan yang erat dan familiar dengan masyarakat Kabupaten Sikka.

“Terminal ini nanti akan mampu menampung lebih dari 1000 penumpang. Konsep bangunan mengambil bentuk rumah adat Sikka dan bentuk Kapal sehingga punya hubungan erat dengan masyarakat Sikka. Desain interior juga akan menggunakan motif tenun ikat Maumere,” jelas Orias.

Proses pengerjaan terminal penumpang pelabuhan L.Say Maumere, lanjut Orias, direncanakan dilaksanakan mulai tahun 2017 dengan waktu kerja kurang lebih 1 tahun. “Mulai awal 2017 kita sudah mulai kerja dan target kami proses pembangunan akan memakan waktu paling cepat 10 bulan dan paling lama 1 tahun dengan melihat kondisi cuaca kita yang sekarang. Tapi saya yakin 2017 kita sudah bisa resmikan terminal ini,” ujar Orias.

Senada dengan Orias, Menteri BUMN RI, Rini Soemandi melalui Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN, Pontas Tambunan, mengatakan pembangunan infrastruktur kepelahuhanan menjadi perhatian serius pemerintah untuk mendukung kelancaran perdagangan dan distribusi barang maupun arus penumpang kapal.

“Apresiasi kami berikan kepada PT. Pelindo III yang sudah berinisiatif untuk mengembangkan pelabuhan L.Say Maumere dengan membangun terminal penumpang baru ini. Semoga ini dapat memperlancar kegiatan embarkasi dan debarkasi penumpang kapal laut serta mampu meningkatkan pariwisata melalui kunjungan kapal pesiar yang trendnya semakin meningkat,” sambung Pontas.

Sementara itu, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, juga mengapresiasi langkah PT.Pelindo III yang mau membangun terminal penumpang di Maumere. Menurutnya niat baik ini didukung penuh oleh pemerintah propinsi NTT dan tentunya pemerintah Kabupaten Sikka.

“Saya berharap masyarakat juga mendukung proses pembangunan terminal penumpang ini dengan menjaga keamanan. Buatlah para pekerja di sini nyaman dan aman sehingga bisa cepat selesai,” papar Frans.

Untuk diketahui, terminal penumpang Pelabuhan L.Say Maumere akan dibangun di lahan seluas 6038 m2 dengan luas bangunan 2526 m2 yang terdiri dari dua lantai di mana lantai satu seluas 1800 m2 dan lantai dua seluas 726 m2 dengan ketinggian bangunan mencapai 26 m.

Terminal penumpang L.Say Maumere juga merupakan terminal penumpang pertama yang dibangun dari rencana pembangunan sebelas terminal penumpang baru yang berada di Kawasan Timur Indonesia.(chs)

Komentar Anda?

Related posts