Puskesmas di Kota Akan beralih Menjadi BLUD

  • Whatsapp
Walikota Kupang, Jonas Salean
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, Pemerintah Kota Kupang akan mengalihkan Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Untuk itu semua Puskesmas akan direvitalisasi sebelum ditetapkan menjadi BLUD.

“Saya sudah minta Dinas Kesehatan untuk melakukan survei terhadap semua Puskesmas di Kota Kupang sehingga dibenahi terlebih dahulu sebelum menjadi BLUD,” kata Walikota Kupang, Jonas Salean, pada acara pendampingan oleh BPKP Perwakilan NTT menuju Puskesmas menjadi BLUD di aula Sasando Balai Kota Kupang, Selasa (17/3/2015).

Jonas Mengatakan, sebelum semua Puskesmas ditetapkan menjadi BLUD maka semua Bangunan maupun peralatan harus diperbaiki sesuai standar layanan BLUD. Demikian juga dengan tenaga medis dan model pelayanan harus menjadi prioritas sesuai standar pelayanan kesehatan.

“Survei ini juga dilakukan untuk mengetahui tingkat pelayanan kesehatan pada sebuah Puskesmas. Kami ingin semua tenaga medis tidak boleh lagi mengurus orang, mereka hanya melayani pasien, nanti yang urus administrasi bukan tenaga medis,” tegas Jonas.

Pemkot kata Jonas, akan menempatkan tenaga administrasi di semua Puskesmas sehingga tidak mengganggu waktu para tenaga medis dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.  “Tidak hanya tenaga administrasi yang nanti disipakan untuk puskesmas, tenaga teknis juga disiapkan,” tambahnya.

Jonas menjelaskan, sebelum Puskesmas ditetapkan menjadi BLUD, akan didampingi selama dua tahun. “Kita akan dampingi dulu selama dua tahun, kita berharap ini akan berjalan baik sehingga ketka sudah ditetapkan menjadi BLUD semua pelayanan sudah standar,” pungkasnya. (riflan hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60