Performa Meningkat, NPL Bank NTT Turun Menjadi 2,65 di Tahun 2021

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Performa Bank NTT terus menunjukkan peningkatan di Tahun 2021. Bahkan Non Performing Loan (NPL) menurun menjadi 2,65% jika dibandingkan dengan tahun 2020 yang berada pada 4,48 %. Hal ini harus disyukuri dan terus melakukan pembenahan sehingga tahun 202, NPL Bank NTT terus mengalami penurunan.

Demikian disampaikan Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho dalam Media Gathering bersama awak media di Restoran Suba Suka pada Kamis, (30/12/2021). Dalam kegiatan tersebut, Alex Riwu Kaho didampingi tiga direktur lainnya masing-masing, Direktur Kredit Paulus Steven Messakh, Direktur Teknologi Hilarius Minggu serta Dirktur Kepatuhan Chritsove Adoe serta para Kepala Devisi.

“Secara year on year NPL Bank NTT mengalami penurunan yang cukup besar dimana pada tahun 2020 NPL Bank NTT berada pada kisaran 4.48 % dan hingga tanggal 30 Desember 2021, NPL Bank NTT berada pada kisaran 2.65 %.,” Papar Alex Riwu Kaho.

Alex Riwu Kaho menjelaskan, kinerja keuangan Bank NTT tetap bertumbuh secara positif dan mampu menghadapi berbagai kendala. Dia menjelaskan, Asset Bank NTT saat ini sudah mencapai Rp. 16 Triliun, DPK Rp. 12.7 Triliun, Giro Rp. 2.3 Triliun, Tabungan Rp. 3.9Triliun, Deposito Rp. 6.5 Triliun, Kredit Rp. 11 Triliun, LDR 87,69% dan Laba Sebelum Pajak sebesar Rp. 321Milyar.

Alex Riwu Kaho mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan oleh manajemen Bank NTT untuk memberikan layanan berkualitas bagi nasabah pada Bank kebanggaan masyarakat NTT tersebut. Pada saat HUT Bank NTT pada Tanggal 17 Juli 2021, Bank NTT mempersembahkan layanan Super Smart Bank dengan melakukan re-branding layanan smart branch di dua kantor yakni Kantor Cabang Utama (KCU) dan Kantor Cabang Khusus (KCK).

Selain itu, Bank NTT juga meluncurkan layanan Digital funding dan lending dalam satu aplikasi yaitu Aplikasi B-Pung Mobile Bank NTT dengan memiliki beragam satu fitur layanan seperti Bayar Tagihan, Virtual Account, Pickup Service, Belanja Online, Tarik Tunai Tanpa Kartu, Beli Pulsa HP & Listrik, Data Lokasi ATM terdekat, Pay QRIS, Transfer, Portofolio yakni Informasi Saldo Tabungan, Giro, Deposito serta Baki Debet Pinjaman.

Pada perayaan HUT ke-63 Provinsi NusaTenggara Timur lanjut Alex Riwu Kaho, Bank NTT juga meluncurkan dua fitur baru pada aplikasi B-Pung Mobile yaitu Online On Boarding yakni layanan buka tabungan online, Be-Pinjam yakni Pengajuan Kredit Multiguna dan Kredit Merdeka online dan mengembangkan layanan delivery channel pada mesin EDC Bank NTT yang digunakan untuk melakukan transaksi tidak hanya transaksi menggunakan debit GPN tetapi dapat bertransaksi menggunakan Kartu Debit/Kartu Kredit berlogo Visa/Mastercard pada mesin EDC Bank NTT.

“Dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi di Tahun 2021 Bank NTT melakukan penyaluran Kredit atas Penempatan Dana PEN di Bank NTT, Layanan Digital Banking, Memfasilitasi Rekening Dana Bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemda dan Pihak Swasta, Bantuan kemanusiaan melalui Dana CSR. Agen Laku Pandai, Agen Dia Bisa Bank NTT, Produk Tabungan untuk para pelaku Usaha dan Pemberian Kredit Mikro serta Program Edukasi Inklusi Keuangan Program Ramai Skali Bank NTT yaitu Kompetensi Kreatif Inklusi Keuangan Tahun 2021, antara lain Kompetisi Video Edukatif, Foto Produk, Karya Penulisan dan Cipta Jingle,” Papar Alex Riwu Kaho.

Tidak hanya itu, Bank NTT juga memberi apresiasi atas loyalitas nasabah yang selama ini sudah setia dan mempercayakan kebutuhan perbankannya pada bank NTT. Apresisasi ini dilakukan dalam bentuk “Dedikasi Award” yang ke tiga kalinya. Tidak “Acara dedikasi award juga sebagai penghargaan atas pencapaian kinerja cabang terhadap target dana pihak ketiga serta produk dan program Bank NTT, juga penghargaan kepada pegawai atas inovasi bidang teknologi, informasi, Bidang UMKM dan Panitia HUT ke-59 Smart Branch Bank NTT serta Teladan Gerakan Patuh IV periode 2020,” tutup Alex. (*advetorial/*joey)

Komentar Anda?

Related posts