Mau Jadi PNS Harus Miliki Email Pribadi

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Oelamasi, seputar-ntt.com – Jika anda adalah orang bercita-cita ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Kupang maka mulai sekarang segeralah membuka email pribadi anda. Sebab registrasi hingga pendaftaran CPNS tahun ini termasuk di Kabupaten Kupang akan menggunakan sisten on line yang mana pemberitahuannya akan disampaikan melalui email pribadi anda. Selain itu, hingga kini Pemkab Kupang belum membuka pendaftaran karena masih menunggu ijin prinsip dari Pemerintah Pusat.

“Saya harapkan kepada para pencari kerja, khususnya anak-anak di daerah yang selama ini masih dianggap buta IT, sekarang ini mereka harus punya email pribadi. Sebab setelah punya email baru mereka boleh mendaftar,” jelas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kupang, Joni Nomeseo kepada seputar-ntt.com, Kamis (28/8/2014) di Kantor Bupati Kupang di Oelamasi.

Dijelaskan, pendaftaran CPNS melalui registrasi di Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Setelah mendapat registrasi, para pencari kerja itu akan mendapat user name dan password.

“Setelah mendapatkan user name dan password tersebut baru mereka (CPNS) membuka pengumuman di webside sscn.bkn.go.id karena pengumumannya ada disitu,” papar Joni.

Menurut Joni, para pencari kerja PNS ini diharapkan menyeleksi betul instansi mana yang memenuhi kualifikasi pendidikan yang mereka punyai baru ajukan lamaran. Karena pada saat melamar, para pencari kerja ini akan menggunakan user name dan password yang telah diberikan oleh Panselnas kepada pencari kerja.

“Sehingga ketika mendaftar harus ambil keputusan yang tepat karena pada saat sudah melamar di satu instansi maka si pencari kerja tidak bisa melamar di instansi yang lain. Contoh ada daerah lain yang sudah buka pendaftaran sedangkan ada daerah lain yang belum buka pendaftaran. Ketika daerah yang belum membuka pendaftaran itu membukanya maka dia tidak bisa melamar lagi,” katanya.

Untuk tingkat Kabupaten Kupang nanti, Joni mengatakan, pihaknya akan menerima langsung berkas lamaran dan melalui kantor Pos. Karena itu saat ini Pemkab Kupang sementara mempersiapkan MoU dengan Kantor Pos.

Dikatakan, sesuai petunjuk Pemerintah Pusat setiap daerah harus melaksanakan testing menggunakan Computer Asisten Test (CAT). Pemkab Kupang telah siap untuk hal tersebut dengan melakukan kerjasama dengan Politeknik Negeri Kupang.
“Jadi kami sudah siap dan BKN 10 Denpasar sudah ke Kupang untuk setting semua computer yang ada,” ungkapnya.

Disinggung soal pembukaan pendaftaran, Joni mengatakan, hingga saat ini Pemkab Kupang belum membuka pendaftaran CPNSD karena pihaknya hingga saat ini masih menunggu ijin prinsi dari Pemerintah pusat. “Kalau sudah ada persetujuan prinsip dari Menpan, kami harus segera membuka pendaftaran karena waktu pendaftarannya 14 hari saja,” terang Joni lagi.

Disinggung soal alokasi formasi, Joni menjelaskan, Pemkab Kupang mendapat alokasi formasi sebanyak 50 orang dan formasi tersebut telah dialokasikan untuk tenaga guru 20 orang, tenaga kesehatan 20 orang sedangkan sisa 10 orang akan dialokasikan bagi tenaga teknis lainnya.

“Nanti ini formasi pelamar umum 50 orang. Kami belum membuka pendaftaran karena kami masih mempertimbangkan anak-anak putera-putir daerah pencari kerja sehingga seperti jabatan arsiparis yang dibutuhkan adalah semua jurusan kesarjanaan. Kalau kita buka selebar-lebarnya maka otomatis anak-anak kita di daerah otomatis tidak terserap. Formasi 50 ini tenaga kesehatan 20 orang, guru 20 orang dan 10 untuk tenaga teknis lainnya,” pungkas Joni Nomeseo. (sho)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60