Jonas Salean : Kepsek Yang Langgar Juknis PSB Saya Pecat

  • Whatsapp
Walikota Kupang, Jonas Salean
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Walikota Kupang, Jonas Salean menegaskan, pihaknya akan menindak tegas para Kepala sekolah (Kepsek) yang berani melanggar Petunjuk Teknis (Juknis) Penerimaan Siswa Baru (PSB) di Kota Kupang. Pasalnya Juknis PSB ini sudah disosialisasi jauh-jauh hari sebelum penerimaan siswa dilkaukan sekolah.

“Juknis sudah jelas mengatur bahwa tidak ada pungutan pada saat penerimaan siswa baru sehingga jika ada kepala sekolah yang melanggar itu saya akan tindak tegas dan pecat dari jabatan yang ada,” tegas Jonas Salean, Jumat (12/7/2014) di Gedung DPRD Kota.

Jonas Salena juga menjelaskan bahwa dalam juknis tersebut selain telah mengatur soal tidak ada pungutan penerimaan siswa baru, juga ada pembatasan rombongan belajar pada setiap sekolah negeri. Ini harus diperhatikan oleh setiap kepala sekolah sehingga tidak merugikan siswa.

“Selain tidak ada pungutan, disitu juga mengatur bahwa setiap sekolah negeri hanya boleh menerima siswa sebanyak 7 rombongan belajar. Satu rombongan belajar atau kelas itu maksimal 37 siswa,” jelasnya.

Jonas mengakui bahwa pihaknya tentu akan memebrikan dispensasi untuk penambahan rombongan belajar bagi siswa yang tingal disekitar sekolah. Saat ini pihaknya sementara melakukan pendataan berapa jumlah siswa yang tinggal disekitar sekolah di Kota Kupang.

“Tim akan mendata jangan sampai memberikan peluang kepada kepala sekolah  menyalahgunakan kondisi tersebut. Jangan sampai siswa yang ada di sekitar sekolah hanya 10 orang tetapi tiba-tiba menjadi 37 orang atau satu rombongan belajar. Jangan sampai yang lebih itu karena bayar saat masuk dan mengakomodir siswa dari luar yang masuk dengan cara membayar. Semua bisa saja terjadi kalau tidak dikerjakan dengan hati yang jujur,” katanya.

Menurut Jonas, penerimaan siswa baru di kota Kupang juga diawasi oleh Ombudsman, PIAR, Bengkel Apek serta beberapa LSM lainnya. “Nah untuk itu saya tidak main-main. Ada yang melanggar Juknis Kita copot,” tegasnya. (riflan hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60