Jokowi Jadi “Atoin Amaf” Di Amarasi

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Gubernur DKI Jakarta yang juga Calon Presiden dari Partai PDIP disambut menjadi Atoin Amaf atau kepala suku oleh masyarakat di Desa Ponain, Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang pada Selasa (29/4/2014). Sambutan kepada Jokowi sebagai Atoin Amaf ditandai dengan memakaikan destar dan kain adat kepada Jokowi yang dilakukan oleh Atoin Amaf setempat.

Pantauan Seputar NTT di Desa Ponain, Jokowi yang tiba menggunakan mobil Inova DH I saat turun kemudian disambut dengan tarian adat dan Natoni. Usai disambut dengan Syair Natoni Jokowi kemudian dipakaikan pakaian adat Amarasi sebagai tanda bahwa Jokowi adalah bagian dari masyarakat setempat.

Jokowi sendiri terlihat kaget dengan sambutan dari masyarakat setempat tapi dia mengikuti semua ritual adat yang dilakukan oleh tua adat setempat. Jokowi bahkan terlihat tampan menggunakan pakaian adat Amarasi

“Saya terkesan dengan sambutan hangat masyarakat disini,” saat ditanya wartawan tentang kesannya terhadap masyarakat di NTT.

Mese Rasi Ataupah, tokoh moda asal amarasi yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang mangaku bangga terhadap Jokowi. Menurutnya, Jokowi baru pernah menginjakkan kaki di Pulau Timor dan NTT pada umumnya namun tempat yang dikunjunginya adalah Amarasi.

“sebagai orang Amarasi kami bangga karena ini pertama kali pak Jokowi ke NTT dan beliau bisa datang ke tempat kami,” ungkapnya.

Menurutnya tidak semua pejabat atau orang besar dismabut secara adat oleh masyarakat. Sebab, jika sudah disambut secara adat seperti yang dilakukan kepada Jokowi maka orang tersebut sudah dianggap sebagai bagian dari masyarakat Amarasi. (joey)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60