ILMU PENGETAHUAN BUKAN HANYA SEBATAS IPK

  • Whatsapp
Share Button

Imu pengetahuan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Dengan ilmu pengetahuan ,sesorang bisa mengasah dan mengembangkan kemampuanya untuk memperoleh peluang dalam mengubah kehidupannya menjadi lebih baik.

Saat ini setiap orang berlomba-lomba untuk memperoleh pengetahuan tersebut. Sekolah merupakan salah satu faktor yang mendasar dalam memperoleh ilmu pengetahuan . Dalam praktiknya setiap orang baku kejar untuk memperoleh nilai yang bagus sehingga itu menjadikan suatu kebanggan bagi orang yang memperolehnya bahkan itu dijadikan tolak ukur terkait ilmu pengetahuan yang dimiliki setiap orang.

Dalam hal ini orang-orang berpreksektif salah terkait sebuah makna ilmu pengetahuan . Ilmu pengetahuan yang sebenarnya bukanlah tentamg nilai yang diperoleh seseorang yang menerima pengetahuan tersebut , tetapi bagaimana seseorang mampu menggunakan atau mempraktikan ilmu pengetahuan tersebut dalam kehidupanya serhari-hari dan mampu menciptakan suatu inovasi baru yang berbeda dari orang lain karena sudah memiliki pengetahuan dasar.

Jika berbicara soal nilai kita tidak bisa menunjukan kepada orang-orang seberaba tinggi nilai yang kita peroleh dari ilmu pengetahuan yang kita pelajari di sekolah , orang tidak akan pernah mau tau dengan hal tersebut .

Tetapi jika kita mampu menggunakan ilmu pengetahuan yang kita peroleh dalam praktik kehidupan sehari-hari dan mampu berinovasi yang memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain itulah ilmu pengetahuan yang sebenarnya yang layak untuk diapresiasi oleh orang lain karena percuma memiliki pengetahuan dan nilai yang bagus jika tidak mampu menggunakannya dalam kehidupan dan tidak memperoleh manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Terkadang seseorang yang sudah memiliki pengetahuan yang banyak ,suatu saat pengetahuan itu akan ditinggalkan , banyak orang yang bertanya kenapa ? Itu karena orang harus mampu menunjukan kreativitas dan inovasi baru yang sesuai dengan perkembangan zaman .

Orang akan lebih cepat menyukai suatu yang baru dan terlihat unik . Terkadang ilmu yang kita peroleh yang kita pelajari selama bertahun-tahun harus ditinggalkan karena suatu keadaan yang harus memaksa kita untuk beralih ke hal baru yang lebih di sukai di kalangan masyarakat.

Orang-orang tidak akan merujuk pada pengetahuan yang mereka peroleh dalam dalam menghasilkan sesuatu yang bernilai di kalangan masyarakat. Banyak orang memperoleh pengetahuan dan memperoleh suatu nilai raport yang bagus ketika masih menempu pendidikan. Tetapi pada dasarnya nilai tersebut tidak menjadi tolak ukur dalam mengisi perubahan yang ada di tengah masyarakat . Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat itu sesuai dengan perkembangan yang ada baik itu teknologi maupun pola pikir masyarakat itu sendiri.

Hal ini yang mendorong kita untuk mampu mengubah diri kita agar tidak terpaku terhadap ilmu yang selalu kita peroleh dalam kehidupan kita selama ini. Kita harus mampu bangkit untuk memulai menghasilkan suatu yang baru yang dapat menarik simpati masyarakat sehingga dapat memperoleh peluang yang baik. Mari kita mulai untuk merubah dan mau mencoba hal yang baru tanpa harus selalu terikat dengan pengetahuan- pengetahuan yang kita peroleh yang memang tidak dapat menghasilkan apa-apa untuk kehidupan kita,ayo mulai beranjak menuju perubahan sehingga bisa menghasilkan suatu yang bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain.tutur Bertilensia jaimun Mahasiswa Unika St Paulus Ruteng. Prodi PBSI

Penulis : Y-TANDU

Komentar Anda?

Related posts