Harkitnas di Alor, Upacara Bawah Laut dan Puncak Gunung

  • Whatsapp
Share Button

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-107, Tim Ekspedisi NKRI 2015 Subkorwil 7/Alor melakukan upacara secara serentak di tiga tempat sekaligus. Tempat pelaksanaan upacara yang pertama merupakan di Lapangan Sepakbola Kalabahi, dengan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Alor, Imran Duru. Yang spesial dari pelaksanaan upacara kali ini adalah pemilihan dua tempat lainnya yang tak biasa, yaitu di ketinggian 1800mdpl gunung koya-koya dan kedalaman 15m di bawah laut.

Ketinggian 1800mdpl yang dimaksud adalah puncak gunung tertinggi di kabupaten Alor, gunung Koya-koya. Dengan berjumlahkan 30 personil, tim Ekspedisi yang dipimpin oleh Letda Inf Khoir Abdullah, berasal dari berbagai elemen masyarakat. Tim tersebut merupakan gabungan dari TNI, POLRI, Mahasiswa, serta beberapa masyarakat dari Alor Timur. Butuh persiapan khusus sebelum tim mencapai puncak untuk melakukan upacara. Mulai dari persiapan fisik personil yang mulai dilaksanakan beberapa hari sebelum keberangkatan, sampai kelengkapan peralatan seperti tali keselamatan, tenda, dan lainnya. Persiapan yang mumpuni tersebut pada akhirnya terbayar lunas oleh keindahan pemandangan dari atas puncak Koya-koya yang semakin menambah kekhidmatan upacara di hari Rabu pagi itu.

Selain di Lapangan Sepakbola Kalabahi dan puncak gunung Koya-koya, tim Ekspedisi NKRI juga melaksanakan upacara bawah laut yang bertempat di Sebanjar, Alor Besar. Dipimpin oleh Letda Mar Ilyas, kesebelas personil yang terdiri dari Marinir dan Mahasiswa ini melaksanakan upacara bawah laut dengan tertib dan khidmat. Suasana yang berbeda hadir saat personil tim Ekspedisi mulai melaksanakan upacara di bawah laut. Suara gelembung udara dan pemandangan hewan bawah laut yang hilir mudik saat pengibaran bendera adalah beberapa stimuli yang menciptakan suasana lain upacara Harkitnas di Alor kali ini.

Dengan pelaksanaan upacara Harkitnas ini, tim Ekspedisi NKRI ingin mengingatkan kembali tentang Budi Otomo di hari Kebangkitan Nasional yang telah menjadi tonggak dari tumbuhnya semangat perjuangan sekaligus sekaligus inspirasi bagi berbagai kalangan masyarakat di seluruh pelosok tanah air, baik yang itu organisasi yang bersifat kedaerahan, politik, keagamaan, kewanitaan, serikat pekerja, maupun kepemudaan.

“Diharapkan, pelaksanaan upacara Harkitnas ini dapat menjadi semangat yang baru di Nusa Tenggara Timur khususnya di kabupaten Alor, sekaligus sebagai pengingat bahwa bangkit adalah sesuatu yang akan terus mengalir di dalam darah bangsa Indonesia.” ujar Sertu Bhayugi, Dantim Database, Dokumentasi, dan Humas Tim Ekspedisi NKRI 2015 Subkorwil 7/Alor.

Dalam kesempatan ini juga, tim Ekspedisi NKRI secara simbolis menyerahkan 1400 bibit Trembesi kepada Kepala Dinas Pertamanan Kota serta penyerahan tas sekolah dan alat tulis kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Alor, oleh Dandim 1622/Alor, Letkol Inf Ahmad Marzuki, selaku Komandan Subkorwil 7/Alor. (cps)

Komentar Anda?

Related posts