Dua Calon DPRD Kupang Terancam Batal Dilantik

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Oelamasi, seputar-ntt.com – Memiliki kartu anggota parpol ganda membuat dua calon dewan terpilih dari Partai Demokrat Kabupaten Kupang terancam batal dilantik. Keduanya adalah Jenry Oematan (PDIP) dan Ursula Totos (Pakar Pangan). Apalagi masa jabatan kedua calon dewan terpilih di partai masing-masing hingga Desember 2015 nanti.

“Memang kita bersurat ke gubernur karena masih menunggu keputusan DPP terkait kepemilikan ganda kartu anggota parpol,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Matheos Liu, Rabu (27/8/2014).

Walaupun begitu, kata Ketua DPC Demokrat yang akrab disapa Theos ini, tidak ada niat sedikitpun untuk membatalkan pelantikan terhadap kedua calon terpilih ini. “Sebagai ketua, saya tidak ingin terjadi sesuatu di kemudian hari. Karena itu, saya wajib melapor dan berkonsultasi ke DPP. Apapun keputusan DPP maka harus kita terima,” tukasnya.

Partai Demokrat, beber dia, telah memberi waktu kepada kedua calon ini agar segera menyelesaikan soal kepemilikan ganda kartu anggota parpol ini. Sayangnya, hingga terpilih pada Pemilu legislatif lalu belum juga diselesaikan.

Terpisah, juru bicara KPU Kabupaten Kupang, Imanuel Ballo mengatakan sesuai jadwal pelantikan 35 anggota DPRD Kabupaten Kupang periode 2014-2019 dilaksanakan 9 September. Saat ini jelas dia, pihaknya tengah melakukan proses administrasi 35 calon anggota dewan.

“Hasil verifikasi terhadap berkas 35 calon anggota dewan oleh pemerintah provinsi masih ada beberapa calon yang belum lengkap sehingga diminta agar dilengkapi,” jelas Ima, sapaan karibnya.

Ima juga menambahkan meski ada surat permintaan penundaan pelantikan terhadap sejumlah calon  namun pihaknya tetap memproses berkas administrasi mereka. “Soal dilantik atau tidak, itu kewenangan gubernur. Kita tetap memproses berkas administrasi dari para calon,” imbuhnya.

Hasil Pileg Juli 2014 lalu berhasil terpilih 35 calon anggota DPRD Kabupaten Kupang periode 2014-2015. Dari 35 calon terpilih ini sebanyak 24 calon anggota dewan adalah wajah baru sisanya 11 calon anggota dewan merupakan wajah lama (incumbent). Calon incumbent  adalah, Yosef Lede, Deasy Ballo, Johanis Mase, Anthon Natun, Bernard Bait, Daniel Taimenas, Shinta Lado, Ursula Totos, Otnial Bobsuni, Agus Tanau dan Yakobertus Seran. (sho)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60