Dibina Bank NTT, Desa Lakekun Kembangkan Wisata Kolam Pemancingan

  • Whatsapp
Share Button

Betun, seputar-ntt.com – Masih terus berlanjut, penjurian terhadap 115 peserta Festival Desa Binaan dan Festival PAD Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Bank NTT. Kali ini, juri melakukan penilaian di desa Lakekun Barat Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka, Rabu (16/11/2022).

Hadir dalam sesi penilaian ini yaitu Dr. James Adam, juri yang berprofesi sebagai Dosen/akademisi, didampingi oleh pendamping Kristoforus Seda dari Divisi Kredit kantor pusat bersama tim kredit dari kantor cabang Betun.

Desa Lakekun Barat memiliki  potensi unggulan wisata kolam pemancingan ikan air tawar dan hasil pertanian padi dengan luas 520 Ha lahan basah. Bumdes Desa Lakekun Barat sangat aktif mengelola 2 Ha sawah dan kolam pemancingan ikan air tawar.

Setibanya disana, juri diterima kepala desa, Luan Martinus dan perangkat desa.

Saat itu sang Kades menyampaikan bahwa Kolam pemancingan ikan air tawar sebagai icon baru atau potensi baru yang ada di Lakekun Barat, dan kolam ini sudah siap dibuka untuk umum. Menariknya, mereka sudah ada tawaran dari beberapa rumah makan yang siap membeli ikan air tawar hasil produksi mereka.

Rencananya, setiap tamu yang masuk ke sana dan menggunakan kendaraan, retribusi parkirnya serta karcis masuknya menggunakan kanal pembayaran Bank NTT. Karena itu, pemerintah desa setempat meminta perhatian Pemda untuk memperhatikan akses jalan masuk ke lokasi, yang juga merupakan lokasi pengangkutan hasil pertanian seluas 520 Ha.

Lokasi pemancingan ikan sangat strategis yaitu di pinggir jalan Trans Malaka – Atambua, dan menurut juri, ini adalah modal menjadi utama. “Tinggal bagaimana desa mempromosikan potensi desa agar masyarakat bisa mengetahui kolam pemancingan ikan air tawar di desa ini,” tegas James.

Kepala desa juga disarankan berdiskusi dengan camat dan bupati untuk menghadirkan event yaitu lomba memancing ikan air tawar sehingga Desa dan Bumdes bisa mendapatkan keuntungan dari event tersebut. (TIM)

Komentar Anda?

Related posts