Bank NTT Dalam Spirit NTT Bangkit Menuju Sejahtera

  • Whatsapp
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat berkunjung di Kampung Nelayan Arubara, Kelurahan Tetandara, Kecamatan Ende Selatan pada Senin, (11/4/2022).
Share Button

Ende, seputar-ntt.com – Suara tepuk tangan begitu riuh terdengar di Kampung Nelayan Arubara, Kelurahan Tetandara, Kecamatan Ende Selatan pada Senin, (11/4/2022). Kedatangan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ke Kampung yang rata-rata berpenduduk muslim itu, disambut meriah diringi musik timur tengah. Hadirnya Gubernur di tengah masyarakat setempat yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan seperti memberi energy lebih dan semangat yang luar biasa bagi warga. Kesempatan itu digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan keluh kesah mereka kepada sang pemimpin. Tanpa jarak dan tanpa sungkan.

Dari sekian pejabat yang hadir mendampingi Viktor Laiskodat, ada Direktur Utama Bank NTT, Alex Riwu Kaho. Sepanjang kunjungan kerja gubernur di wilayah Lembata dan Flores, Alex Riwu Kaho memang tidak pernah jauh dari sisi Viktor Laiskodat. Kehadirannya menjadi representasi dari Bank NTT yang memiliki moto melayani lebih sungguh untuk bersama-sama mengeksekusi Visi NTT Bangkit, NTT Sejahtera. Bank NTT hadir dan selalu siap mengeksekusi permintaan masyarakat yang disampaikan melalui gubernur. Sebagai Bank, mereka tak hanya berpikir tentang untung semata, tapi benar-benar bersinergi untuk melepaskan NTT dari kemiskinan yang telah mencengkram sekian lama.

“Nanti Bank NTT tolong bantu Coolstorage ya bagi para nelayan di Kampung Arubara. Biar hasil tangkapan mereka bisa awet dalam tempat pendingin” Kata Gubernur dalam nada meminta sekaligus ada perintah dalam intonasinya. Permintaan tersebut langsung disambut dengan kata siap oleh Dirut Bank NTT, Alex Riwu Kaho. Sontak tepuk tangan kembali menggema di siang yang begitu panas di kampung yang diapit gunung Meja dan gunung Ia tersebut. Itu hanya salah contoh bagimana Bank NTT selalu hadir sebagai spare pocket saku cadangan Pemerintah NTT untuk melayani rakyat ketika hal itu tidak perlu sampai pada anggaran di OPD yang ada di Pemprov NTT.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sejak Viktor Laiskodat memimpin NTT, dia selalu berusaha mengoptimalkan semua sumber daya yang ada untuk menggapai mimpinya membawa NTT menjadi sejahtera. Bank NTT benar-benar dimanfaatkan secara baik, tidak hanya berfungsi untuk mengejar keuntungan semata ataupun hanya sekedar menyalurkan kredit. Bank NTT benar-benar sudah menjadi harapan dan tumpuan masyarakat ketika gubernur datang. Ada saja bantuan yang diberikan oleh Bank NTT bagi masyarakat, apakah itu dalam bentuk Simpanan Pelajar atau Simpel bagi generasi penerus sehingga mereka bisa terbantu dalam membiaya pendidikan. Atau juga dalam bentuk Kredit tanpa bunga bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM.

Terobosan yang luar biasa dilakukan oleh Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat demi membangkitkan semangat dan harapan agar perekonomian masyarakat NTT menjadi lebih baik dan membebaskan masyarakat dari belenggu rentenir, maka Pemerintah Provinsi NTT bersama OJK Provinsi NTT dan Bank NTT mendesain suatu skema pembiayaan yang diberi nama Kredit MIKRO MERDEKA. Merdeka dari Bunga, Merdeka dari Agunan dan Merdeka dari Rentenir, sehingga memudahkan para pelaku usaha mikro dalam memperoleh permodalan dengan Mudah, Murah dan Cepat. Hingga kini, total penyaluran Kredit Mikro Merdeka secara konsolidasi pada 23 Kantor Cabang Bank NTT sebesar Rp 14.091.012.500,- (Empat Belas Milyar Sembilan Puluh Satu Juta Dua Belas Ribu Lima Ratus Rupiah) kepada 2.566 pelaku usaha.

Penyerahan Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) Bank NTT, yaitu Tabungan yang di desain khusus untuk kalangan pelajar. Tabungan pelajar SIMPEL dicetuskan oleh pemerintah dan dijalankan oleh Otoritas Jasa Keuangan memiliki beragam manfaat bagi para siswa/i. Dengan memiliki tabungan SIMPEL memberikan pengalaman belajar untuk membangun budaya gemar menabung dan melatih mengelola keuangan sejak dini. Menabung di Bank NTT merupakan partisipasi nyata membangun Nusa Tenggara Timur. Bank NTT Melayani Lebih Sungguh.

Tidak hanya itu, Bank NTT terus memberikan dukungan nyata sebagai pelopor penggerak ekonomi rakyat dalam pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap produk kopi, yaitu dengan menyelenggarakan pelatihan Basic Skill Training bagi pelaku usaha kopi dari Desa Binaan Bank NTT. Tujuannya untuk meningkatkan varian penyajian kopi pada Desa Binaan yang memiliki produk unggulan Kopi serta untuk pengembangan ekonomi masyarakat desa. Pelatihan yang diselenggarakan selama 1 minggu ini melibatkan trainer profesional dari Dekranasda Provinsi NTT

Kehadiran Bank NTT kata Alex Riwu Kaho, selaras dengan dengan program Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat yakni membangkitkan UMKM yang ada di setiap daerah di NTT. Dia memberi contoh bahwa kehadiran kantor fungsional Bank NTT Moni di Kabupaten Ende, salah satu fungsi intermediasinya adalah menyalurkan kredit pada sektor UMKM.

“Pandemi telah membuktikan bahwa UMKM telah teruji memiliki daya tahan, daya tumbuh dan daya saing untuk menopang pembangunan ekonomi di Kabupaten Ende, Provinsi NTT bahkan Indonesia. Kehadiran bank ini bagi pemerintah memiliki dua fungsi yaitu fungsi untuk mengendalikan dan fungsi untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi dan kekuatan ekonomi,” katanya.

Bagi masyarakat kata Alex Riwu Kaho, kehadiran kantor fungsional bank NTT adalah pendekatan pelayanan dalam jasa perbankan. Demikian juga dalam dunia usaha, tentu kehadiran bank di sebuah wilayah akan sangat membantu dalam mengakses keuangan.

“Pembangunan akan berjalan dengan baik jika ada kolaborasi dan partisipasi semua pihak dalam memanfaatkan berbagai potensi yang ada dalam sebuah daerah. Kita memiliki tekad yang kuat agar Bank NTT akan hadir di setiap titik yang potensional untuk membantu akselerasi gerakan kebangkitan NTT menuju sejahtera. Hal ini akan tercapai apabila semua pihak, yakni masyarakat, pemerintah, dunia usaha dan perbankan bersama-sama bekerja keras dan bekerja cerdas sehingga apa yang menjadi mimpi bersama yakni NTT Bangkit, NTT sejahtera akan tercapai,” Pungkas Alex. (joey rihi ga)

Komentar Anda?

Related posts