11 Rumah Di Fatuleu Rusak Dihantam Puting Beliung

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Oelamasi, seputar-ntt.com – Sebanyak 10 rumah warga dan 1 bangunan sekolah dasar yang tersebar di 2 desa dalam wilayah Kecamatan Fatuleu Tengah rusak akibat angin puting beliung yang melintasi wilayah tersebut. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Camat Fatuleu Tengah, Amos Manane kepada wartawan di Kantor Bupati Kupang di Oelamasi, Kamis (20/3/2014) menjelaskan, pada Rabu (19/3) sekira pukul 04.00 dini hari terjadi hujan lebat disertai angin puting beliung di Desa Nunsaen dan Oelbiteno Kecamatan Fatuleu Tengah. Karena itu, dirinya bersama staf Kecamatan datang untuk memberikan laporan tertulis kepada Bupati Kupang, Ayub Titu Eki untuk diketahui.

Menurut Manane yang saat memberikan keterangan pers didampingi Plt. Kabag Humas Setda Kabupaten Kupang, Stef Baha, angin puting beliung yang terjadi di Desa Nunsaen tidak merusakkan banyak bangunan. Di Desa ini hanya rumah Semuel Tamelab di RT 12/RW06 Dusun III Sublele yang mengalami rusak berat. Rumah permanen ukuran 6×9 meter ini selain atapnya terangkat dibawa angin, dapurnya juga hangus dilalap si jago merah akibat terjadi korsleting kabel listrik.

Sedangkan di Desa Oelbiteno, kata Manane, 9 rumah warga mengalami rusak berat dan ringan bersama 1 gedung sekolah dasar (SD) GMIT Oelbiteno. Tembok sepanjang 2 meter di SD GMIT Oelbiteno yang terletak di Dusun I tersebut roboh akibat hujan disertai angin kencang. Beruntung kerusakan ini tidak membuat para siswa di SD tersebut harus libur dari jadwal sekolah.

Dikatakan, beberapa warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat untuk sementara waktu menginap di rumah tetangga mereka yang luput dari bencana alam kali ini.

Ditanya wartawan tentang bantuan tanggap darurat dari Pemkab Kupang, Manane mengaku, warga korban angin puting di wilayah yang dipimpinnya belum memperoleh bantuan karena laporan akan adanya bencana alam tersebut baru disampaikan. Dirinya berharap, setelah laporannya diterima maka masyarakatnya segera mendapatkan bantuan.

Warga di Desa Oelbiteno yang terkena musibah angin puting beliung yakni, Aris Djawa dan Tertius Penau di RT 07/RW 02 mengalami rusak berat. Yusak Mnune dan Safira Kelin  di RT 07/RW 02 mengalami rusak ringan. Kemudian SD GMIT Oelbiteno di RT01 Dusun I juga mengalami rusak ringan. Alexander Radja di RT01/RW01 Dusun I Oelbiteno mengalami rusak berat. Rumah Alexander Kanu di RT02/RW01 Dusun I Oelbiteno juga rusak berat bersama rumah milik Sefnat Nesi di RT09/RW03 karena rumah penahan kap roboh.

Rumah Imanuel Koinmanas di RT02/RW01 bersama rumah Th. Y. Naben di RT03/RW01 Dusun I Oelbiteno mengalami rusak ringan.
Sekembalinya dari Oelamasi nanti, Manane bermaksud mengajak semua masyarakat untuk bergotong royong membantu warga korban angin puting beliung untuk membersihkan rumah mereka. Diharapkan aksi solidaritas ini dapat sedikit menghibur mereka yang sedang tertimpa musibah kali ini. (sho)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60