Waspada, Puting Beliung Berpotensi Melanda NTT

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Angin kencang yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dua hari terakhir ini bisa mengakibatkan terjadi puting beliung di sejumlah daerah.

“Sangat mungkin sekali, sebagian wilayah di NTT diterjang puting beliung, karena intensitas angin yang cukup tinggi,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Lasiana, Kupang Juli Setiyanto, Selasa, 10 Juni 2014.

Menurut dia, kecepatan angin di wilayah NTT berkisar antara 30-40 kilometer (kim) per jam akibat tekanan rendah di wilayah Australia yang menyebababkan terjadinya Monsun Timur (Angin Timur). “Angin kencang masih akan terjadi beberapa hari kedepan,” katanya.

Karena itu, dia menghimbau kepada nelayan, ASDP sebagai pengelola kapal Feri agar mewaspadai fenomena monsun timur ini, karena sangat berbahaya, karena angin kencang ini memicu terjadinya gelombang tinggi. “Kami hanya menghimbau agar pelayaran waspada,” katanya.

Dia juga mengingatkan kewaspadaan ini tidak hanya laut, karena monsun timur ini juga berbahaya bagi masyarakat di darat dan penerbangan di wilayah ini.

Angin kencang disertai gelombang tinggi ini menyebabkan sebuah kapal nelayan sempat hilang dihempas angin kencang dan gelombang tinggi dari Wini, Kabupaten Timur Tengah Utara hingga Naikliu, Kabupaten Kupang. (joey)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60