Walikota Resmikan Pasar Ikan di Pasir Panjang

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Walikota Kupang, Jonas Salean, Rabu (26/3/2014) meresmikan pasar ikan “Felaloe” dipesisir pantai pasir panjang Kelurahan Pasir Panjang. Pasar ikan inkan ini menjadi alternatif bagi masyarakat kota Kupang yang ingin menikmati ikan segar dan bisa dibakar ditempat.

“Dengan adanya pasar ikan ini maka diharapkan menjadi alternatif bagi masyarakat Kota,” katanya.

Jonas Salean meminta agar pasar ikan ini dijaga dengan baik karena merupakan aset pemerintah yang diberikan untuk kesejahteraan masyarakat. Pasar yang dibangun dengan fasilitas yang cukup memdai ini harus memberi rasa nyaman bagi pembeli sehingga ramai dikunjungi.

“Jadi yang jualan disini harus jaga pasar dengan baik karena ini aset pemerintah untuk masyarakat. jaga kebersihan dan kenyamanan supaya pembeli merasa senang dan bisa ramai dikunjungi,”katanya.

Pada kesempatan tersebut Jonas salean juga menyinggung akan menata ualng pasar malam kampung solor karena banyak dikeluhkan oleh masyarakat terkait kebersihan dan kenyamanan saat makan. Pasar Kampung Solor akan dikaji kembali bagimana menata tempat jualan tersebut sehingga tidak terkesan amburadul.

“Pasar malam di Kampung Solor yang ada  sudah cukup banyak dikeluhkan karena tempat bakar ikan digabung dengan tempat jualan makan lainnya sehingga asap panggang ikan sangat menganggu sehingga pasar tersebut akan ditata lagi,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang, Thomas Jansen Ga, menjelaskan Pasar ikan di pasir panjang dibangun lewat dana tugas pembantuan (TP) dari Direktorat Jenderal Pengelolaan dan pemasaran hasil perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2013.

“Pagu anggaran untuk pembangunan pasar ikan tradisional ini sebesar Rp.650 juta, dikerjakan oleh CV .Surya Timor Niaga dan pagu anggaran untuk sarana penunjang sebasar Rp.300 juta dikerjakan oleh CV.Setia Agung Niaga,” katanya.

Pasar ikan tradisonal ini saat ini menampung 44 orang pedagang yang terdiri dari 22 orang pedagang ikan segar dan 22 orang pedagang ikan bakar. Pasar ini juga ditunjang berbagai fasilitas seperti Los pasar ikan satu unit, lopo empat unit, Los bakar ikan dua unit, WC/KM dua unit, tower, bak air, kran umum serta tempat resapan limbah. (riflan hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60