Pelaku Wisata: Maria Geong Figur Tepat Pimpin Manggarai Barat

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Manggarai Barat, seputar-ntt.com – Sektor pariwisata menjadi suatu produk unggulan yang sangat menjanjikan di masa kini dan akan datang, jika dikemas dengan sebaik-baiknya.

Tak heran jika kemudian sektor pariwisata berkembang menjadi suatu industri yang bersifat multidimensi. Artinya, mampu menjadi katalis bagi sektor-sektor lainnya, baik ekonomi, sosial, budaya, dll. Bahkan sekarang ini harus diakui sektor pariwisata telah menjadi sebuah industri yang menduduki posisi sangat penting di Kabupaten Manggarai Barat

Perhitungan valuasi ekonomi Labuan Bajo mencapai Rp 2,3 triliun. Namun, pendapatan daerah dari sektor pariwisata baru mencapai Rp 34,7 miliar pada tahun 2019. Oleh karena itu, pariwisata membutuhkan penanganan yang profesional agar pemasukan devisa bisa terjaga dan lebih meningkat.

“Dampak pariwisata dirasakan hampir semua lapisan masyarakat. Multiplier effect-nya sangat luas, tidak hanya pengusaha hotel, restoran dan transportasi saja, dari perajin hingga pedagang asongan juga merasakan dampaknya. Bahkan hingga para petani juga terkena imbasnya,” kata Getrudis Naus, Pelaku Pariwisata di Labuan Bajo, Senin (9/11/2020).

Menurut Getrudis, dibutuhkan tokoh yang berpengalaman dalam menangani sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, karena menyangkut hajat hidup masyarakat luas.

“Sektor pariwisata harus ditangani orang yang berpengalaman, tidak boleh sembarangan,” katanya.

Getrudis, melihat sosok yang tepat untuk memimpin Manggarai Barat, agar dapat terus menunjang pariwisata dan ekonomi kreatif, adalah Maria Geong, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Mabar.

“Maria Geong, menurut saya sosok yang tepat untuk menjadi Bupati Mabar. Selain pengalamannya menjadi wakil Bupati Mabar selama lima tahun, berbagai pengalaman itu menjadikan, Maria, mumpuni menjaga sektor pariwisata, agar dapat mensejahterakan masyarakat Manggarai Barat,” ujar wanita asal kecamatan Mbeliling itu.

Getrudis menjelaskan, tidak hanya pengalaman, yang lebih penting memiliki jaringan luas dan rekam jejak yang bersih. Pihaknya cukup yakin, Maria Geong, bisa membuat lompatan yang besar pada pariwisata Manggarai Barat.

Sebagai Wakil Bupati Manggarai Barat, menurut Getrudis, tentunya Maria Geong, memiliki jaringan yang luas.

“Pengalaman, jaringan dan profesionalisme itu semua dimiliki, Maria Geong. Saya kira pariwisata membutuhkan orang seperti, Maria Geong, untuk bangkit menjadi kekuatan ekonomi utama di Manggarai Barat,” jelasnya.

Ia memaparkan, kedekatan Maria Geong, dengan para pelaku pariwisata akan menciptakan komunikasi yang efektif.

“Dia sangat kompeten dan sudah dikenal para pelaku pariwisata. Jika menjadi Bupati, tentu diterima positif, sepak terjangnya tidak diragukan lagi,” ujar wanita kelahiran Kecamatan Mbeliling ini.

Dia melanjutkan, jika dilihat, pertumbuhan pariwisata saat ini masih relatif lambat. Padahal jika dilihat dari potensi yang dimiliki, Manggarai Barat memiliki potensi cukup besar.

“Untuk itu, perlu membuat gebrakan baru yang bisa mengangkat pariwisata kita lebih tinggi. Hal ini hanya bisa dilakukan orang yang berpengalaman dan yang punya jaringan luas,” tuturnya.

Getrudis menambahkan, sebagai Wakil Bupati Mabar, Maria Geong, tahu betul bagaimana menggarap destinasi-destinasi pariwisata yang begitu banyak dan beragam di Labuan Bajo. (FS/TIM)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60