Home / Ekonomi Bisnis / NTT Kirim13 Ribu Ekor Sapi Untuk Penuhi Kebutuhan Daging

NTT Kirim13 Ribu Ekor Sapi Untuk Penuhi Kebutuhan Daging

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kupang, SeputarNTT.com,- Mengantisipasi tingginya permintaan dan kebutuhan daging Nasional pada bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  menambah kuota pengiriman ternak sapi ke luar daerah sebanyak 13.000 ekor.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Peternakan NTT, Semuel Rebo kepada wartawan di Kupang, Jumat  (19/7).

“Jadi untuk memenuhi kuota daging secara nasional kita dari NTT akan mengantarpulaukan ternak sebanyak 13.000 ekor,”kata Semuel.

Menurutnya, penambahan kuota pengantarpulauan sapi itu tidak mungkin dihindari guna mengimbangi impor daging sapi yang membanjiri beberapa kota di Indonesia. Sebagai salah satu wilayah penghasil ternak di Indonesia maka NTT menjadi wilayah yang sangat diharapkan kontribusinya dalam rangka memenuhi kebutuhan daging nasional.

“Meskipun kuota pengantarpulauan sapi dari NTT pada tahun 2013 ini sebanyak 52.000 ekor, namun tingginya kebutuhan daging sapi di tanah air sulit dihindari, khususnya pada bulan puasa dan saat Hari Raya Idul Fitri,” jelasnya.

Dia memaparkan, berdasarkan hasil pemantauan daerah maka wilayah yang boleh menambah pengeluaran sapi  keluar daerah adalah Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU) dan empat kabupaten di Pulau Sumba yakni Sumba Timur, Sumba Tengah, sumba Barat Daya dan Sumba Barat.

Dia merincikan, untuk memenuhi tambahan kuota tersebut, Kabupaten Kupang boleh menambah 6000 ekor, TTS 2000, TTU 2000 dan empat kabupaten di Pulau Sumba 3000 ekor.

“Kami sudah menyurati para bupati untuk menyampaikan hal tersebut agar bisa memantau proses  pengiriman sapi ke luar daerah terutama menghindari pengiriman sapi betina produktif atau sapi bakalan,” ujarnya.

Tambahan kuota sapi tersebut, tambahnya, akan dikirim ke Jawa Barat dan DKI Jakarta serta  beberapa daerah di Kalimantan, yang selama ini menjadi tujuan pengantarpulauan sapi dari NTT. “Daerah tujuan pengiriman kita adalah wilayah di pulau jawa terutama DKI dan Jawa Barat,”ungkapnya. (Joey)

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]