Empat Kabupaten/Kota di NTT Terima Logistik Pilpres

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Komisi Pemiihan Umum Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyalurkan logistik surat suara Pemilu Presiden (Pilpres) dan diterima empat kabupaten/kota di provinsi kepulauan itu.

“Empat daerah yang sudah menerima logistik surat suara Pemilu Presiden 9 Juli mendatang yaitu Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Rote Ndao dan Kabupaten Alor,” kata Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum NTT Maryanti Luturmas Adoe di Kupang, Senin (23/6/2014).

Sementara kabupaten lainnya, khusus untuk logistik surat suara, akan segera disalurkan dalam pekan ini, karena target penerimaan logistik yang diadakan KPU Pusat paling lambat pada Sabtu (28/6/2014) mendatang.

“Kami sedang lakukan monitoring penyaluran surat suara ini ke kabupaten/kota masing-masing agar bisa diketahui prosesnya. Jika ada kendala akan segera diatasi, sehingga pada batas akhirnya nanti sudah rampung,” kata Maryanti.

Sedangkan logistik lainnya, berupa formulir, sampul, dan tinta, menurut Maryanti, sudah tersalurkan untuk seluruh daerah di daratan pulau Timor, masing-masing Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU) serta Kabupaten Belu dan Malaka. KPU, kata Maryanti, optimistis surat suara dan seluruh logistik yang akan dipakai saat pelaksanaan pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Juli mendatang sudah ada paling lambat H-1 di TPS.

Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kupang, Imanuel Ballo secara terpisah mengaku telah menerima logistik surat suara Pilpres dan sedang malakukan penyortiran.

“Surat suara Pilpres sudah kami terima pada Jumat (20/6) lalu, sebanyak DPT yang ada ditambah dua persen cadangan,” katanya.

Menurut Imanuel, jumlah surat suara yang diterima sebanyak jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan pada Senin (9/6/2014) di KPU Kabupaten Kupang dan selanjutnya oleh KPU NTT pada 16 Juni berjumlah 201.395 pemilih, dengan jumlah pemilih laki-laki 100.951 orang dan pemilih perempuan 100.444 orang.

Dengan diterimanya surat suara tersebut, kata Imanuel, logistik Presiden di Kabupaten Kupang sudah hampir rampung. “Yang tersisa hanyalah sampul saja. Kami harap bisa segera datang untuk dipacking sebelum disalurkan ke kecamatan masing-masing,” tambahnya.

Imanuel mengaku masih meminta pendampingan aparat kepolisian dalam melakukan penyaluran logistik untuk kepentingan pengamanan. Hal itu, lanjut dia, mempertimbangkan kondisi geografis dan topografis daerah Kabupaten Kupang yang sangat sulit dijangkau. (joey)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60