Butuh 4 Triliun SetiapTahun Bangun Jalan di NTT

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Untuk membangun infrastruktur jalan di Provinsi NTT, setiap tahun dibutuhkan dana sebesar Rp4 triliun. Karena kemampuan keuangan daerah terbatas, maka pembangunan jalan belum dilakukan secara merata.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTT, Andre Koreh kepada wartawan di Kupang, Jumat (11/7/2014).

Ia menjelaskan, setiap tahun APBD NTT mengalokasikan dana sekitar Rp105 miliar untuk membangun atau mengerjakan jalan berstatus provinsi yang tersebar di seluruh wilayah NTT. Dana yang dialokasikan ini tentunya sangat kecil dibandingkan dengan anggaran yang dibutuhkan. Untuk membangun jalan provinsi dengan lebar enam meter, satu kilometer dibutuhkan dana sebesar Rp2, 5 miliar.

“Untuk bisa mengerjakan jalan dengan kualitas baik, kita butuh dana sekitar Rp4 triliun per- tahun,” kata Andre.

Ia mengungkapkan, jalan provinsi yang tersebar di seluruh wilayah NTT, 40 persen dalam kondisi baik dari panjang jalan provinsi 1. 700 kilometer. Karena kemampuan keuangan daerah sangat terbatas, maka pengerjaannya secara bertahap. Pengerjaan jalan diprioritaskan untuk kondisi jalan yang rusak parah dan jalur potensial ekonomi.

“Pengerjaan sejumlah ruas jalan yang sedang dilaksanakan saat ini tidak mengganggu arus mudik lebaran,” ujar Andre.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan, kondisi jalan provinsi ini berbanding terbalik dengan ruas jalan nasional di seluruh wilayah NTT. Ruas jalan yang dibiayai APBN itu, sekitar 98 persen dalam kondisi baik. Setiap tahun, pemerintah mengalokasikan dana sekitar Rp800 miliar untuk pengerjaan jalan nasional di provinsi kepulauan ini.

Anggota DPRD NTT, Vinsen Pata menyampaikan, kondisi jalan di trans Utara Flores, sebagian besar dalam kondisi yang memprihatinkan. Mengingat jalur tersebut merupakan jalur potensial dan menjadi jalur alternatif bila jalan negara di wilayah Selatan tidak bisa dilalui karena banjir atau longsor, maka perbaikannya segera dilakukan.

“Kita minta pemerintah melalui instansi teknis, segera memperbaiki ruas jalan di trans Utara Flores terutama sejumlah titik yang dinilai tingkat kerusakan paling parah,” tandas Vinsen.(van)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60