Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

  • Whatsapp
Share Button

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban bagi setiap individu, Kebersihan lingkungan harus tetap terjaga agar terhindar dari penyakit. karena bisa saja sakit atau penyakit yang muncul pada manusia itu sering dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang kurang sehat atau bersih.Terkadang pada saat kita sehat, kita melupakan akan nikmat dan ketika sakit baru akan menyadari betapa kesehatan itu sangat berharga.

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, makan -makanan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang tidak kita perhatikan karena kesibukan. Akibat lingkungan tidak sehat menimbulkan berbagai penyakit, terutama penyakit tifus dan demam berdarah yang ditularkan dari nyamuk yang bersarang pada sampah itu dapat menyebabkan kematian.

Kita harus tahu apa saja manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan adalah bagian dari iman. Menjaga kebersihan lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sejuk dan sehat.

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan

● Terhindar dari penyakit akibat lingkungan yang tidak sehat.
● Lingkungan menjadi lebih segar
● Bebas dari polusi udara
● Lebih tenang dalam menjalankan aktivitas
● Air yang bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Banyak sekali manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan mulai dari menyapu halaman rumah, membersihkan selokan, WC dan kamar mandi ,membuang sampah pada tempatnya.
Lingkungan lebih baik jika semua sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, untuk itu diajarkan selalu hidup bersih.

Lingkungan yang bersih juga akan memberikan manfaat yang banyak, termasuk dalam pengendalian penyakit. Karena kita tahu bahwa lingkungan yang kotor adalah sarang dari bibit penyakit berbahaya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan baik dalam menjalani pola hidup sehat.

Bagaimana caranya?

Cara -Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan dengan Baik
● Mulai Dari Lingkungan Rumah

Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan rumah dan halaman akan membuat kita lebih terbiasa untuk membersihkan lingkungan lainnya. Pastikan kita selalu menyapu rumah setidaknya 2 kali sehari.

● Mendaur Ulang
Ada banyak jenis sampah yang akan mengotori lingkungan sekitar yang sebenarnya bisa didaur ulang dengan baik. Misalnya saja memanfaatkan kaleng dan botol bekas untuk dijadikan wadah apapun.Kaleng bekas dapat diubah menjadi sebuah pot bunga dan bisa kita gunakan sebagai hiasan. Ini akan menjadi hal yang paling positif dibandingkan membiarkannya menjadi Sampah yang menumpuk.

● Tidak Membuang Sampah Sembarangan
Hal terpenting dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah untuk membiasakan hal- baik seperti membuang sampah pada tempatnya. Jangan membiarkan sampah bertebaran dimana -mana.

Bahkan, jika memungkinkan selalu menanamkan pada diri kita masing-masing untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan memungut sampah yang berserakan dijalan. Membuangnya pada tempat yang seharusnya.
● Memisahkan Jenis Sampah
Menggunakan jenis tong sampah yang berbeda untuk sampah anorganik dan sampah organik adalah hal yang baik. Karena sampah organik adalah sampah yang bisa diolah dan dijadikan pupuk. Sedangkan sampah anorganik sebagian dari sampah tersebut juga bisa dijadikan furniture tertentu. Memisahkan kedua jenis sampah ini akan membantu dalam proses pengolahan.

● Kegiatan Gotong Royong
Hal penting lainnya adalah membiasakan kebiasaan gotong royong sesama warga. Ini tidak hanya membantu membersihkan lingkungan sekitar .

Biasanya kegiatan gotong royong ini dilakukan sekali dalam seminggu agar lingkungan bersih dari Sampah. Jadi, sangat penting untuk menjaga kekompakan antar warga agar bisa sama-sama untuk mewujudkan kebersihan lingkungan yang dibutuhkan oleh semua orang.

Penulis : Melenia Ratna Sari
Fakultas : PGSD UNIKA St. Paulus Ruteng

 

Komentar Anda?

Related posts