Kabupaten Kupang Prioritaskan Penempatan Dokter PTT ke Amfoang

  • Whatsapp
Share Button

Oelamasi – Pada akhir tahun anggaran 2013 ini, Pemerintah Kabupaten Kupang mendapat tambahan tujuh orang tenaga dokter pegawai tidak tetap (PTT). Penempatan mereka nantinya diprioritaskan ke wilayah Amfoang dan daerah yang jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten.
Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Hendrik Paut mengatakan hal ini saat dikonfirmasi wartawan di Hotel Ledetadu, Rabu (25/9) terkait dengan kebutuhan tenaga medis di seluruh Puskesmas yang ada di daerah tersebut

“Kita ada tambahan dokter tujuh orang dokter PTT dan kemarin sudah saya bilang sama Pak Kadis, ketika penempatan harus konsultasi dengan saya karena kita mau penempatan di daerah yang jauh,” ujar dia.

Dia menegaskan, penempatan tenaga dokter PTT di wilayah-wilayah terpencil yang jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Kupang di Oelamasi, semata-mata karena alasan kebutuhan.

“Penempatan mereka di daerah jauh karena kebutuhan, bukan apa-apa ya, tapi karena masyarakat di daerah-daerah yang itu butuh dokter”, kata dia.

Berkaitan dengan untuk kepentingan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil bisa dilakukan dengan meningkatkan status Puskesmas di setiap kecamatan menjadi puskesmas rawat inap, Sekda hendrik Paut, mengatakan bahwa hal itu sangat dimungkinkan.

“Itu sangat dimungkinkan, karena pelayanan kesehatan ini penting bagi masyarakat, tapi untuk itu kan kita perlu ada kajian lagi”, ungkap dia.

Namun demikian, jelas dia, ada sejumlah indikator yang harus dipenuhi sebelum sebuah puskesmas ditingkat statusnya, seperti misalnya sarana dan prasarana pendukung dan lain sebagainya.

“Kalau untuk peningkatan status Puskesmas, itu ada indikatornya karena harus terpenuhi sejumlah syarat terlebih dahulu dan setelah itu baru kita lakukan penilaian dalam rangka peningkatan statusnya”, ujar dia. (Sho)

Komentar Anda?

Related posts