Ikan Tangkapan Nelayan Kota Kupang Bebas Formalin

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Thomas Jansen Gah menegaskan, ikan tangkapan para nelayan di Kota Kupang bebes dari formalin. Untuk itu, warga kota dihimbau untuk tidak takut mengkomsumsi ikan. Penegasan ini disampaikan Thom Gah setelah merebaknya isu ikan berformalin di Kota Kupang.

“Dari hasil penelusuran dan pemeriksaan maupun hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh DKP Kota Kupang terhadap ikan tangkapan nelayan di Kota kita pastikan bebas formalin,” katanya kepada Seputar NTT, Senin (9/2/2015) di Kupang.

Thom Gah mengatakan, Kota Kupang sudah memiliki pabrik es yang cukup memadai untuk kebutuhan pengawetan ikan milik nelayan. Sementara Kabupaten lain belum memiliki pabrik es sehingga berpotensi mengawetkan ikan dengan cara yang kurang baik.

“Rantai pengawetan ikan di Kota sangat baik karena ada pabrik es, dimana di daerah lain belum ada pabrik es. Yang terdeteksi memiliki formalin adalah ikan dari luar Kota Kupang sesuai hasil tangkapan DKP Provinsi NTT,” ujarnya.

Dia menambahkan, isu ikan berformalin yang merebak akhir-akhir ini telah memberi dampak yang tidak baik bagi penghasilan para nelayan di Kota Kupang. “Kita turun ke pasar-pasar dan mereka mengeluh kalau beberapa minggu terakhir ini pembli sepi sehingga mereka merugi,” katanya. (riflan hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60