Enam Paket Umbar Janji Di Debat Cabup/Cawabup Kupang

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Oelamasi, Seputar NTT.com – Sebanyak enam paket calon Bupati dan Wakil Bupati Kupang dari 7 Paket yang ditetapkan KPUD, Minggu (1/9) malam tadi mengikuti debat calon pasangan bupati dan wakil Bupati Kupang yang diselenggarakan KPUD dan Pemuda Katolik Kabupaten Kupang.

Enam pasangan masing-masing Paket Manora, Viktory, Abdi, Selamat, Sahabatku dan Paket Ataupah-Kase coba meyakinkan masyarakat pemilih di Kabupaten Kupang dengan sejumlah janji manis yang katanya akan dilakukan jika mereka terpilih memimpin Kabupaten yang 4 tahun belakangan ini selalu mendapat penilaian disclaimer dari BPK RI Perwakilan NTT.

Paket Manora yang diberi kesempatan pertama menyampaikan visi-misinya mengatakan, Manora maju dengan tekad kerja cerdas dan beriman dalam menjalankan roda pemerintahan.

Viktori mengatakan visi mereka terwujudnya masyarakat Kab Kupang yang sehat dan terampil. Menjangkau seluruh lapisan masyarakat seperti pembangunan kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat. Dasar program ini mengarah pada pembangunan berbasis masyarakat.

Sedangkan Paket Selamat visinya yakni meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kupang sebab kualitas pendidikan secara nasional merosot dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Paket yang diusung PDIP ini berjanji akan anggarkan Rp300 juta untuk tiap desa disetiap kecamatan dan melakukan perluasan lahan 1000 hektar. Selain itu, melakukan perluasan infrasktuktur dengan mengalokasikan dana Rp1 miliar.

Paket Abdi mengaku datang untuk melayani masyarakat Kabupaten Kupang dengan mewujudkan pembangunan yang maju, meningkatkan pelayanan ksehatan, pendidikan dan tatakelola pemerintahan yang berkualitas.

Paket Sahabatku mengaku, bertekat meningkatkan pertanian dengan mengoptimalkan lahan pertanian dengan menyiapkan traktor bagi petani. Selain itu, Paket Sahabatku yang diusung Partai Golkar ini berjanji akan berkoordiansi dengan para pengusaha sehingga menghadirkan pasar di tengah masyarakat.

“Jadi kalau panen nanti masyarakat tidak kesulitan menjual hasil pertaniannya karena para pengusaha yang akan mendatangi mereka jadi Pasar ada disekitar mereka,” kata calon Bupati dari Paket Sahabatku, Jerry Manafe.

Paket Ataupah-Kase berjanji mewujudkan Kabupaten Kupang yang adil dan berbudaya. Memanfaatkan potensi Kabupaten Kupang untuk infrastruktur. Pendidikan dan kesehatan juga jadi perhatian paket ini ditambah pemberdayaan ekonomi.

Penelis pertama Thomas Langodai, mengatakan 6 paket sepakat membawa Kabupaten Kupang menuju aspek ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang sehat.
Kepada enam paket Langoday sempat bertanya soal bagaimana strategi pasangan calon dalam mendongkrak ekonomi masyarakat. Ataupah-Kase mengaku akan buka 177 koperasi pada masing-masing desa sehingga bisa mengcover semua kebutuhan masyarakat.

Paket Sahabatku mengatakan, memanfaatkan lahan pertanian kabupaten kupang dan kerjasama dengan pengusaha. Paket Sahabat juga berjanji akan memajukan potensi mangan untuk dijual.

Sedangkan Paket Selamat mengaku akan meng alokasikan dana Rp300 juta yang difokuskan pada sektor pertanian.

“Kita punya hasil produksi cukup melimpah namun tidak dioptimalkan, ada sektor unggulan lain yang perlu dioptimalkan seperti mangan dengan membentuk koperasi sektoral,” kata calon Bupati Paket Selamat Selfester Benufatin.

Sementara itu Paket Viktori ketika menjawab pertanyaan Langoday selaku panelis mengatakan, mereka akan membuka isolasi suaru desa sehingga memiliki akses lebih besar dengan dunia luar.
Kemudian mendampingi masyarakat untuk mengelola dana yang diberikan pemerintah dan berusaha meningkatkan ketrampilan masyarakat sehingga dengan ketrampilan yang dimiliki maka masyarakat dapat meningkatkan ekonomi mereka.

“Tingkat ekonomi masyarakat diukur dari kesejahteraan masyarakat itu,” kata calon Wakil Bupati Kupang Maria Nuban Saku.

Paket Manora berjanji apabila dipercaya masyarakat memimpin Kabupaten Kupang maka mereka akan secepatnya berusaha memulihkan kondisi ekonomi Kab Kupang dengan memanfaatkan PPL yang ada desa. (Sho)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60