Dampak Perkuliahan Daring Bagi Mahasiswa Pada Masa Corona-19

  • Whatsapp
Share Button

Perkuliahan online adalah jenis perkuliahan yang hanya melalui aplikasi. Dosen memberikan Tugas dan materi secara online atau tidak secara langsung.Jenis aplikasi yang digunakan untuk perkuliahan antara lain, aplikasi zoom, moddle, Google meed dan sebagainya.Kuliah daring dilakukan selama masa pandemi berlangsung.

Dampak perkuliahan daring bagi mahasiswa sekarang ini sebenarnya ada dua yakni dampak positif dan dampak negatif. Pertama kita bahas dari dampak positifnya ; perkuliahan daring membawa dampak positif bagi mahasiswa/i yaitu mahasiswa/i lebih kreatif dalam mengatur waktu belajar, mengurangi biaya perjalanan dari kos menuju kampus (bagi yang biasa naik angkot), jadi lebih banyak waktu belajar memanfaatkan handphone, laptop,dan dapat memutuskan rantai penyebaran Corona-19.

Yang kedua dampak negatif dari perkuliahan daring; dampak negatif cenderung, mahasiswa malas-malasan di karenakan dengan tugas-tugas perkuliahan yang banyak. Kenapa malas-malasan? Ini di karenakan mahasiswa kurang memiliki sumber buku yang banyak, kunjungan ke perpustakaan dibatasi karena pandemi covid-19. Adapun hal-hal lain yaitu karena lingkungan setempat misalnya mahasiswa cenderung nyaman dengan suasana kos atau rumah sehingga membuat lebih banyak waktu santai/tidur, mengacaukan penilaian yang sudah ditetapkan awal perkuliahan sehingga dosen dapat menyesuaikan penilaian saat kuliah daring dan tatap muka .

Dampak negatif juga mahasiswa memiliki pengetahuan yang minim,membuat mahasiswa manja dengan memiliki sifat instan, dan juga dengan berbagai keluhan lain contohnya jaringan kurang mendukung ataupun tidak memiliki kuota atau pulsa. Menurut saya perkuliahan daring atau online tidak efektif karena mahasiswa susah untuk memahami dan mengerti materi apa yang diajarkan.
Dampak perkuliahan daring bukan hanya bagi mahasiswa .Tetapi kuliah daring juga berdampak dan berpengaruh bagi anak sekolah;SD,SMP,SMA, pengusaha dan seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia.Menyebarnya kasus Corona di sejumlah daerah dan masyarakat ditanah air membuat pengetahuan tertinggi bersiaga. Beberapa pengurus tinggi Seperti” Unika St.Paulus Ruteng”, untuk menerapkan perkuliahan online atau daring.Seperti pemberitahuan dari Rektor Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.Instuksi Nomor:usp/Rio l/1/2022.Tentang pencegahan penyebaran Corona virus disease 2019.

Bahwa dalam rangka menyikapi tren penyebaran Virus disease 2019(Covid-19), diwilayahnya kabupaten Manggarai yang kembali meningkat dan menindak lanjut intruksi Bupati Manggarai Nomor: HK/4/22.Tentang penegasan penyebaran Corona virus disease 2019.Serta sebagai upaya mengantisipasi atau memutuskan mata rantai penularan Covid-19 dilingkungan kampus Unika Santu Paulus Ruteng, maka destruksikan kepada.
1. Civitas Akademik Unika Santu Paulus Ruteng.
2. Tamu dan/atau yang mempunyai kepentingan di Unika Santu Paulus Ruteng.
3. Terhitung sejak tanggal 16 Maret s/d 26 Maret 2022 perkuliahan dilaksanakan secara online atau daring.
4. Mewajibkan seluruh mahasiswa untuk melaksanakan mengikuti perkuliahan daring atau online dari rumah atau kos. Mahasiswa tidak diperkenankan datang mengikuti perkuliahan dari kampus.
5. Tidak dipernannkan menjalankan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang di lingkungan kampus.
6. Seluruh Bimbingan skripsi, ujian skripsi dan seminar dilaksanakan secara online.
Muhammad Ruki, salah satu mahasiswa PTN;yang mengikuti metode perkuliahan dalam jaringan atau perkuliahan online. Ia menyatakan tidak masalah mengikuti perkuliahan secara online atau daring. Namun kadang kala ditegah perkuliahan jaringan tiba-tiba bermasalah dan hilang. Tidak terlalu sulit, tetapi kadang jaringan lelet,apalagi kalau harus mengumpulkan tugas.

Perkuliahan daring ini tampaknya menjadi momok sebagian mahasiswa,bukan tanpa alasan tugas kuliah menumpuk menjadi tambahan beban lagi bagi mahasiswa. Tugas yang menumpuk akibat dari sendiri karena malas mengerjakan tugas makanya tugas menumpuk dan bahkan tugas yang menumpuk saat perkuliahan daring atau online viral dimedia sosial.

Tujuan perkuliahan online atau daring memudahkan komunikasi penyampaian materi ajar dalam bidang pendidikan yang dilakukan dari jarak jauh,dan mahasiswa juga mudah memberikan pendapat, kritik,dan bertanya ketika tidak mengerti apa yang diajarkan oleh dosen atau saat dosen menjelaskan materi pada saat jaringan bermasalah Dan maafnya adalah daya sikap yang lebih baik, hemat waktu dan biaya. Contohnya biaya transportasi roda dua,roda tiga ataupun roda empat, mengurangi uang foto copy dan uang print.Karena semua materi dikirim melalu Wa,Moodle dan sebagainya.

Jaring lelet atau lemot juga akibat pemakaian terlalu banyak, misalnya dalam satu wilayahTenda atau dikosnya Babe belajar online atau daring maka otomatis jaringan lelet dan bermasalah. Pemakai kuota juga sangat besar, karena belajar secara online kerja tugas secara online, kirim tugas, seminar. Belum juga kuota main FB dan Wa.Oleh karena itu kami berharap bantuan kuota gratis dari kampus, walaupun ada kuota gratis tapi tidak semua dapat.

Penulis: Yustina Manul
Fakultas: Ilmu Pendidikan dan Keguruan UNIKA St.Paulus Ruteng
Semester: ll

Komentar Anda?

Related posts