Hindari Narkoba, Anak Jalanan Diberi Pembinaan Rohani

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Dalam rangka membina mental anak-anak jalanan di Kota kupang dan menjauhkan mereka dari pengaruh-pengaruh negatif yang sering terjadi seperti pengaruh narkoba, rokok dan lain-lain maka Yayasan Obor Timur melakukan pembinaan rohaniyang dilakukan setiap hari Jumat.

Fony Mella, dari Yayasan Obor Timur di Rumah Singgah Obor Timor Oebobo Kota Kupang 24 November 2013 mengatakan dengan adanya iman yang kuat maka seesorang bisa terhindar dari pengaruh narkoba maupun pengaruh negatif lainnya seperti yang biasa terjadi di jalanan.

“Ada sekitar 100 anak jalanan yang tergabung di Yayasan Obor Timor mereka bisa menjauhi pengaruh-pengaruh negatif.
Dengan pembinaan rohani yang dilakukan, terlihat perubahan terhadap anak-anak jalanan, seperti jam turun ke jalanan sudah berkurang, karakter mereka juga berubah,”ungkapnya.

Menurutnya, banyak anak yang dulunya suka berkelahi dan suka mengeluarkan kata-kata kotor sekarang sudah berkurang bahkan prestasi disekolah juga berubah terbukti dari hasil laporan orang tua mereka ke rumah singgah.

Selain kegiatan kerohanian, juga diadakan pembinaan bimbingan belajar gratis bagi anak-anak Pasar Oeba setiap hari Senin dan Selasa bagi anak-anak pemulung pasar Oeba, hari Rabu bagi anak-anak Pasar Oebobo dan hari kamis bagi anak-anak di Jalan El Tari yang menjadi penjual koran.

“100 anak jalanan yang bergabung di Yayasan Obor Timor ini kebanyakan sekolah, setelah sekolah mereka bekerja dari Pukul 12.00-19.00 Wita. Pekerjaan yang dilakoni
anak-anak jalanan seperti mulung, jual koran, jual plastik,”tambahnya.

Fony berharap pemerintah bisa peduli terhadap mereka sehingga kedepannya anak-anak tersebut bisa mendapatkan beasiswa, sehingga mereka tidak perlu bekerja lagi demi mendapatkan uang untuk membeli buku, seragam dan sepatu.
Selain membeli perlengkapan sekolah, dari survei yang dilakukan oleh pihak yayasan anak-anak tersebut juga membantu orang tua mereka membeli beras untuk kebutuhan
hidup.

“Perhatian dari Rumah Singgah sendiri yakni dengan memberikan beasiswa kepada beberapa anak jalanan dengan cara mencari dana sendiri dan dari para donatur. Bantuan yang diberikan berupa peralatan tulis, seragam dan alat musik harmonika. selain donatur, Obor Timor juga bekerjasama dengan Dinas Sosial.(riflan hayon)

 

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60