PENGARUH MEDIA GADGET PADA PERKEMBANGAN REMAJA

  • Whatsapp
Share Button

Gadget adalah alat komunikasi modern yang memiliki berbagai fungsi canggih. Alat ini juga didefinisikan sebagai alat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dengan unit kerja yang tinggi.

Pada jaman sekarang yang modern dan teknologi canggih, sering kita lihat anak-anak di usia remaja seperti anak sekolah bahkan sekolah dasar misalnya TK sekalipun banyak yang sudah menggunakan perangkat gadget contohnya HP dan Tablet.

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita melihat bermacam-macam jenis gadget yang hampir digunakan oleh semua kaum remaja maupun anak-anak. Gadget sangat berperan penting bagi kehidupan manusia juga untuk berkomunikasi, memperbanyak relasi, menambah wawasan dan pengetahuan, pendidikan, bisnis. Namun disisi lain terjadi hal yang berlainan disebabkan oleh faktor keteledoran pemakaiannya atau kekurangan tepatan dalam memanfaatkan fungsi yang sebenarnya.
DAMPAK GADGET
● Dampak positif
1. Mempermudah komunikasi.
Misalnya saja ketika orang tua ingin berkabar dengan anak ketika dalam keadaan darurat sedangkan anak sedang melakukan kegiatan di luar rumah.
2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
Karena bagaimanapun teknologi saat ini sudah merambah ke pelosok-pelosok desa.
3. Memperluas jaringan pertemanan.
Munculnya berbagai situs media sosial seperti linen, instagram, facebook,dll memungkinkan seorang remaja untuk menambah banyak teman bahkan dari berbagai belahan dunia sekalipun.

● Dampak negatif
1. Mengganggu perkembangan remaja
Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di gadget seperti: kamera dan games akan mengganggu konsentrasi seorang anak dalam menerima pelajaran di sekolah. Lebih parah lagi ada yang menggunakan gadget untuk menyontek saat ulangan.
2. Efek radiasi
Menurut beberapa penelitian, menggunakan gadget terlalu sering akan rentan terkena radiasi, terutama pada anak-anak. Pancaran sinar dari layar sangat membahayakan kesehatan perkembangan sistem saraf.
3. Kecanduan
Seperti yang sudah diketahui, saat ini gadget bagi sebagian orang adalah kebutuhan primer. Hal ini membuat kecanduan bagi para remaja pun orang dewasa terutama bagi yang hobi bermain games. Kecanduan seperti ini yang menyebabkan Kurangnya berinteraksi dengan orang lain.
4. Perubahan perilaku
Salah satu kebutuhan anak dalam memenuhi proses perkembangan dan pertumbuhannya adalah bermain dan bersosialisasi dengan anak lainnya. Tapi anak yang sudah kecanduan gadget cenderung lebih senang bermain dengan gadgetnya ketimbang dengan anak-anak lain.

SOLUSU MASALAH
● Nilai-nilai ketuhanan
Memberikan nilai-nilai ketuhanan bukan berarti mendoktrin anak-anak untuk menjadi pribadi yang fanatik dalam agama tertentu. Melainkan berikan pengertian sederhana bahwa kita hidup ada yang mengawasi. Dengan demikian ketika mengakrabi teknologi anak pun akan berpikir dua kali jika ia hendak melakukan perilaku atau tindakan yang menyimpang.
● Pendidikan karakter
Menurut T. Ramli (2003), pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang lebih baik.
● Tetapkan batas waktu yang ketat untuk penggunaan gadget di rumah.
● Awasi waktu yang dihabiskan anak-anak di gadget.
● Ciptakan lingkungan positif di rumah. Anak remaja mungkin menghabiskan waktu terlalu banyak di gadget untuk menghindari masalah di rumah.

Penyusun : Ruvina Arsenia Agung
Fakultas : PGSD UNIKA St. Paulus Ruteng
Smester : II

Komentar Anda?

Related posts