Warga Kerajaan Prailiu Nobatkan Viktor Laiskodat Sebagai Saudara

  • Whatsapp
Share Button

Waingapu, seputar-ntt.com – Ada yang menarik dalam kunjungan Bakal Calon Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di Waingapu Sumba Timur pada Senin, (22/1/2018. Saat mengunjungi Prailiu, Viktor dinobatkan sebagai saudara oleh warga eks kerajaan Prailiu.

VBL sapaan akrab untuk Vikor Laiskodat, dikenakan pakaian adat kebesaran sebagai lambang penghormatan dan pengakuan sebagai  saudara dan bagian dari masyarakat adat Kambata-Pambuatanjara dan Kiku-Prailiu. VBL disambut sapaan adat penyambut tamu Panggarataung oleh empat tokoh adat setempat dan tarian gembira penyambut tamu kehormatan.

Tuan Kampung Kiku-Prailiu Tamu Umbu Pingi Ai mengatakan, keluarga besar eks Kerajaan Prailiu, merasa senang dan terhormat atas kedatangan Pak Viktor menyambangi keluarga suku Kambata-Pambuatanjara dan Kiku-Prailiu

“Kami bangga dan senang Pak Viktor mau hadir di tengah-tengah kami dan menjadi saudara kami. Sebagai tanda beliau sudah menjadi bagian dari kami, tadi kami kenakan pakaian adat kebesaran orang Sumba,” katanya.

Adrianus Kalawai, salah seorang tokoh Kampung Prailiu mengatakan, Viktor Laiskodat bukan orang baru bagi masyarakat Sumba Timur khususnya Kampung Raja Prailiu.

Menurutnya, Viktor yang selama ini menjadi politikus Partai NasDem tingkat nasional akan mampu membawa NTT menjadi setara dengan daerah-daerah lain ke depannya.

“Relasi politik dan sosial Pak Viktor pada level nasional dan internasional menjadi garansi untuk mewujudkan NTT yang lebih maju dan sejahtera. Kami akan mendukung Victory-Joss dalam Pilgub NTT mendatang,” tegasnya.

Tokoh muda Kampung Kiku-Prailiu Hunga Remi Andung, yang biasa disapa Elthon mengatakan, Viktor Bungtilu Laiskodat adalah figur yang kami kenal berintegritas tinggi dan sudah selesai dengan dirinya. Artinya komitmennya keberpihakan kepada masyarakat sangat tinggi, di mana dia sudah tidak berpikir untuk dirinya lagi karena dari segi materi sudah tidak mencari keuntungan pribadi, ketika menjadi gubernur.

“Sudah pasti waktu, pikiran, dan tenaga dicurahkan untuk kepentingan rakyat. Jadi pasti kami kaum muda di Kampung Raja, Prailiu, mendukung orang seperti Pak Viktor dan Pak Josef (Paket Victory Joss) karena tentunya orang yang sudah selesai dengan dirinya akan bekerja untuk kepentingan masyarakat NTT termasuk Sumba ini,” kata Elthon.

Elthon menambahkan ia akan mengajak seluruh pemuda dan warga Kampung Raja Prailiu untuk mendukung Paket Victory Joss dalam pemilihan gubernur 27 Juni mendatang. (*/vn)

Komentar Anda?

Related posts