Walikota : Saya Sidak Untuk Dengar Keluhan Masyarakat

  • Whatsapp

Kupang, seputar-ntt.com – Wali kota Kupang, Jefirstson R Riwu Kore kembali melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), di Puskesmas AlaK, Kelurahan Nunbaun Sabu Kecamatan Alak, Selasa (5/8/2017). Wali kota yang dikenal dengan sapaan Jeriko ini, turun ke lapangan guna melihat langsung akan pelayanan dan keluhan masyarakat.

Sidak yang dilakukan sekitar pukul 10.40 Wita ini, Jeriko didampingi ketua komisi IV DPRD Kota Kupang, Livingstone Ratu Kadja, anggota Komisi IV, Mourids Kale Lena, dan Hery Kadja Dahi, ketua Komisi III DPRD Kota Kupang. Jeriko memantau ruang loket pendaftaran, Poli KIA – KB, poli Lansia, ruang pemeriksaan, ruang rawat nginap.

Selain itu, Jeriko langsung menyapa satu persatu pasien dan pengunjung Puskesmas. Bagaimana pelayanan medis, ketersediaan obat serta waktu tunggu pasien dalam mengantri obat dan pendaftaran. Saat berbincang dengan petugas, Jeriko meminta pelayanan yang cepat sigap dalam melayani pasien.

“Saya minta agar pelayanan kepada masyarakat (pasien) yang lebih baik, dalam melakukan pengobatan di Puskemas. Saya tidak hanya datang sekali ini, Saya akan datang lagi,”katanya.

Lanjutnya, pemerintah akan memberikan perhatian utama akan pelayanan kesehatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Infrastruktur perlu dibenahi, sistem kerja dan kesejahteraan pegawai. Tambahnya, Kebersihan lingkungan kerja dan ketersediaan obat bagi pasien.

“Tolong beri pelayanan yang baik, masalah administrasi belakangan. Yang penting pelayanan. Orang datang Puskesmas itu karena sakit. Kalau tidak sakit, dia di rumah,”ujar mantan anggota DPR RI dua periode ini.

Dokter Henny, yang bertugas saat sidak, menyampaikan sejumlah persoalan di puskesmas itu. Toilet yang kurang memadai, kursi bagi pasien, serta beberapa alat medis yang masih kekurangan. Namun Henny tak merincikan alat apa yang kurang. Sementara obat – obatan, kayanya, telah tersedia secara baik karena BPJS telah bekerja sama dengan apotek Kimia Farma.

“Kalau bisa kami dikasi dana pendidikan lanjutan, kami waktu sekolah benar – benar susah pak,”ujar seorang petugas di ruang poli Lansia.

Menanggapi hal itu, walikota meminta dibuatkan laporan rinci lewat kepala Puskesmas untuk disampaikan kepada pemerintah. Bahwa pemerintah punya perhatian khusus, sungguh – sungguh kepada mereka yang bekerja dengan giat, melayani sungguh – sungguh, dan dengan hati.

Ketua Komisi IV yang membidangi pendidikan dan kesehatan, Livingstone Ratu Kadja mengatakan sangat mendukung upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (pelipus libu heo)

Komentar Anda?

Related posts