Wali Kota Jeriko Minta Petugas Dinas Dukcapil Tidak Masa Bodoh

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, Seputar-ntt.com – Pelayanan dan pengurusan administrasi kependudukan harus cepat dan mudah. Petugas pada dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Dukcapil) tidak boleh masa bodoh atau acuh tak acuh akan keluhan warga. Warga tidak boleh dibiarkan mengantree lama, dan pulang pergi Dukcapil.

Hal itu disampaikan wali kota Kupang Jefirstson R Riwu Kore atau Jeriko dalam arahannya pada apel kesadaran KORPRI belum lama ini, Senin (19/2/2018) di lapangan upacara kantor Wali kota Kupang.

“Dispenduk, banyak sekali orang mengeluh. Tidak pernah cepat dalam proses (pelayanan) itu. Tidak boleh ditinggal. Tidak boleh dilepas begitu saja. Dibiarkan. Masa bodoh. Orang datang berjam – jam. Tidak boleh itu,”kata wali kota Jeriko.

Dikatakan Jeriko, dirinya telah mendapatkan laporan akan masalah di dinas Dukcapil. Baik tidak langsung maupun langsung lewat kunjungan ke Dukcapil. “Saya tau kepala dinas memberikan laporan bahwa ada beberapa kendala dengan server dan sebagainya,”katanya.

Saat ini, kata mantan anggota DPR RI dua periode ini, dirinya telah mencatat keluhan masyarakat untuk dievaluasi. Sehingga pelayanan yang didapatkan masyarakat mudah dan cepat.

Menurutnya, masyarakat harus diberikan pemahaman dan penjelasan yang baik akan kendala keterlambatan pengurusan administrasi kependudukan. Masyarakat tidak dibiarkan menunggu dan harus datang mencari informasi di Dukcapil.

“Masyarakat kan tidak mengerti pak. Masyarakat itu tidak mau paham. Apa yang menjadi masalah kita. Oleh karena itu, Kita yang harus paham dan harus segera menyelesaikan masalah itu secepat mungkin,”ujarnya.

Salah seorang warga kota Kupang Putra Gah mengharapkan wali kota melakukan evaluasi secara menyeluruh akan dinas Dukcapil. Pasalnya, pengurusan KTP ataupun administrasi kependudkan lainya, bertele – tele memakan waktu lama, bulan bahkan tahun.

“Pak wali harus tegas, mutasi saja seluruh pegawai di Dukcapil itu. Ganti dengan orang yang tepat. Masa kita urus KTP sampai satu tahun. Saya punya KTP belum keluar juga,”katanya. (Pelipus Libu Heo)

Komentar Anda?

Related posts