Wakil Bupati Ende Bilang Bank NTT Sudah On The Track

  • Whatsapp
Wakil Bupati Ende, Erik Rede
Share Button

Ende, seputar-ntt.com – Wakil Bupati Ende, Erik Rede mengatakan, saat ini Bank NTT sudah On The Track. Kahdirannya sebagai Bank Pembangunan Daerah telah memberi harapan baru bagi masyarakat dimana kehadiran Bank NTT selalu membawa berkah bagi mereka yang susah mengakses keuangan.

“Saya harus akui bahwa saat ini Bank NTT sudah berada pada jalan yang benar. Sudah on the track. Bank ini adalah milik rakyat NTT dan sudah sejatinya memberi manfaat bagi hidup masyarakat di NTT,” kata Wakil Bupati Ende, Erik Rede saat ditemui di ruang kerja pada Selasa, (12/4/2022).

Dia mengatakan, sejak Viktor Bungtilu Laiskodat menjadi Gubernur NTT, keterlibatan Bank NTT dalam setiap kegiatan gubernur terutama yang bersentuhan dengan kepentingan masyarakat, Bank NTT selalu ada di samping gubernur untuk memberikan support.

“Jadi saya melihat, dimana saja Gubernur melakukan kegiatan bersama masyarakat, Bank NTT selalu ada. Sehingga jika ada masyarakat yang perlu dibantu dari sisi pembiayaan dalam hal merintis usaha maka Gubernur tinggal Bank NTT cari solusi. Tidak perlu tunggu lama-lama lagi,” kata Politisi Nasdem itu.

Dia memberi contoh, saat Gubernur mengunjungi kapung nelayan Arubara di Kelurahan Tetandara, ada permintaan masyarakat yang disampaikan kepada gubernur. Saat itu kata Erik, Gubernur langsung menugaskan Bank NTT untuk membantu nelayan dengan Coolbox.

“Saya kasih contoh waktu pak Gubernur di Kampung nelayan Arubara. Nelayan sangat senang sebab apa yang mereka minta langsung terjawab. Kehadiran Bank NTT disitu benar-benar bermanfaat. Jadi Bank itu tidak hanya mengumpulkan dana atau menyalurkan kredit tapi juga membantu masyarakat mungkin lewat CSR dan lain-lain” Kata Erik.

Erik menambahkan, Selama Kunjungan Gubernur di daratan Flores yang di mulai dari Kabupaten Lembata, Bank NTT selalu menyarahkan bantuan kepada masyarakat. Bantuan yang diberikan itu kata Erik seperti bantuan kredit dengan bunga nol persen, lalu bantuan Pendidikan lewat Simpanan pelajar atau SIMPEL.

“Bukan hanya itu, Bank NTT itu juga melatih masyarakat menjadi wirausaha. Seperti yang di Kecamatan Moni itu. Barista yang ada disana dilatih oleh Bank NTT. Selain itu Bank NTT juga ada Desa Binaan dan banyak sekali yang dilakukan oleh Bank NTT dalam mendukung mimpi Gubernur NTT dalam mewujudkan NTT Bangkit dan NTT Sejahtera,” pungkas Erik Rede.

Sebelumnya, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat meresmikan Kantor Fungsional Bank NTT Moni di Kecamatan Moni, Kabupaten Ende Pada Senin, (11/2/2022) menegaskan, Bank NTT harus mampu menjadi motor penggerak atau lokomotif bagi kebangkitan perekonomian NTT terutama pada sector UMKM. Karena itu, setiap pimpinan daerah dan Bank NTT harus mampu bekerjasama dengan baik sehingga masyarakat bisa dipermudah dalam mengakses modal usaha.

“Untuk itu Saya minta agar kemanapun Bupati atau Wakil Bupati pergi harus ditemani oleh Kepala Cabang Bank NTT di masing-masing Kabupaten sehingga ketika ada masyarakat yang membutuhkan modal untuk usaha bisa langsung dieksekusi. Usahakan supaya Kepala Cabang Bank NTT di kabupaten itu tidak boleh duduk di kantor. Dia harus bersama dengan bupati dan wakil bupati di lapangan,” tegas Viktor Laiskodat.

Dia mengatakan, desain ekonomi kedepan untuk sektor riil akan bertumpu pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini bank-bank di seluruh dunia sudah berkiblat untuk pengembangan UMKM. Untuk mengangkat setiap kekayaan alam dan potensi lokal yang ada di masing-masing wilayah maka UMKM harus menjadi perhatian semua pihak untuk dibantu dalam berbagai hal termasuk mempermudah akses keuangan.

“UMKM harus bisa mengangkat local resources atau kekayaan alam yang ada di setiap daerah sehingga ekonomi rakyat akan berjalan. Ekonomi rakyat itulah yang akan menjadi penyangga ekonomi daerah dan penyangga ekonomi negara. Dan ini adalah mimpi bapak Presiden Joko Widodo. Nah disitulah manfaat Bank NTT hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memudahkan mereka dalam mengakses keuangan,” kata Mantan Ketua Fraksi Nasdem DPR RI tersebut. (joey rihi ga)

Komentar Anda?

Related posts