Virtual Bersama BPIP, Jajaran Lapas Kalabahi Siap Aktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila

  • Whatsapp
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Dalam rangka penanaman nilai-nilai Pancasila di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Wawan Irawan bersama seluruh pegawai mengikuti kegiatan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila secara daring dengan tema “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan ASN”, Rabu, 6/7/2022.

Kegiatan yang berpusat di Aula Hotel Sotis Kupang, diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan Direktorat Evaluasi Deputi Bidang Pengendalian Dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Berdasarkan arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Marciana D. Jone, kegiatan ini diikuti oleh seluruh UPT Pemasyarakatan maupun imigrasi secara luring dan daring.

Dalam sambutannya, Marciana mengatakan, ASN adalah pelopor dan teladan dalam menyelaraskan perilakunya dengan nilai luhur pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

“ASN saat saat ini memiliki tantangan untuk dapat menggerakkan dan memberikan perubahan terhadap perilaku masyarakat yang semakin luntur menghayati dan mengamalkan nilai pancasila karena akibat negatif dari arus globalisasi yang masuk dalam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara”, ujar Marciana.

Marciana juga secara tegas menambahkan, Kanwil kemenkumham Nusa Tenggara Timur berkomitmen dalam menempatkan pancasila sebagai budaya organisasi yang diwujudkan dalam setiap pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi di bumi Flobamora tercinta dalam keseharian.

Sementara Rima Agristina, selaku Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam arahannya menyampaikan, ASN berada digarda terdepan dalam mengawal seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan didirikannya bangsa dan negara.

“Indonesia bukan negara kerajaan, bukan negara agama, tetapi negara kesatuan Republik Indonesia. Kita telah bersama-sama menyatukan komitmen kita mendirikan bangsa dan negara Indonesia,” terang Rima.

Selanjutnya, seluruh peserta yang hadir secara daring dan luring mengikuti kegiatan dengan antusias bersama narasumber Antonius Benny Susetyo, Yohanes Oktovianus, Gusti Putu Milawati, dan Yunus Pranatal Silas Bureni.

Diakhir kegiatan, Kepala Lapas Kelas IIB Kalabahi, Wawan Irawan bersama seluruh pegawai siap untuk mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsi sebagai ASN maupun dalam kehidupan sehari-hari. (*AN)

Komentar Anda?

Related posts