Upacara Harkitnas, Kodim 1603 Sikka Gugah Semangat Kebangkitan Nasional Pelajar Maumere

  • Whatsapp

Maumere, seputar-ntt.com – Komando Distrik Militer (Kodim)1603 Sikka menggelar Upacara Bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 tahun 2017, Senin (22/05) di lapangan upacara Kodim 1603 Sikka.

Peringatan Harkitnas tahun ini anggota Kodim 1603 Sikka tidak sendirian tetapi upacara bendera kali ini diikuti oleh ratusan pelajar baik SMP maupun SMA serta guru pendamping di kota Maumere. Hal ini dimaksud untuk menggugah semangat para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa Indonesia.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Kasdim 1603 Sikka, Mayor (inf.) Anak Agung Gede Arnawa, membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo),  Rudiantara.

Dalam amanatnya, Rudiantara menegaskan pentingnya menumbuhkan kembali semangat kebangkitan Nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah carut marut situasi negara saat ini.

Menurutnya, semangat yang lahir di bumi Indonesia 109 tahun yang lalu lewat gerakan Boedi Oetomo, merupakan semangat yang ampuh untuk menyatukan semua komponen Bangsa Indonesia. Karena itu, Rudiantara berharap agar semangat yang sudah tertanam ratusan tahun itu melandasi generasi sekarang dan yang akan datang untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang makmur dan sejahtera.

Lebih lanjut, Rudiantara mengungkapkan, pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla lewat program Nawacita-nya telah memberikan penekanan dan perhatian penuh pada upaya pemerataan pembangunan terutama soal infrastruktur.

Pemerataan pembangunan ini, sambungnya, hanya bisa dilakukan dengan membangun Indonesia mulai dari pinggiran khususnya di wilayah Indonesia bagian Timur dengan memperkuat desa-desa sehingga ada keseimbangan pembangunan di seluruh wilayah kedaulatan Indonesia.

Karena itu, pemerintah berharap masyarakat Indonesia mendukung segala upaya pemerintah mewujudkan program Nawacita ini dengan menjaga stabilitas nasional dan terus menumbuhkan semangat cinta tanah air Indonesia.

Upacara Harkitkas 2017 yang bertemakan, Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional, ini diikuti dengan hilmat oleh seluruh peserta upaacara.(Chs)

Komentar Anda?

Related posts