Titu Eki : Dana Desa Harus Bisa Merubah Wajah Desa

  • Whatsapp
Share Button

Oelamasi, seputar-ntt.com – Dana desa yang diberikan Pemerintah harus mampu merubah wajah Desa menuju kearah yang lebih baik.
Demikian dikatakan Bupati Kupang Ayub Titu Eki saat memberikan arahan sekaligus membuka rapat evaluasi dan koordinasi bagi para kepala Desa dan ketua BPD se Kabupaten Kupang.

“Dalam kaitan dengan penyelenggaraan dana desa Bupati mengibaratkan para kepala desa adalah rumah tangga yang sedang menunggu untuk  menadah air, sehingga para kepala desa harus mempersiapkan wadah untuk menampungnya. Artinya adanya dana desa harus bisa merubah wajah desa, akan sangat disayangkan bila ada banyak dana tetapi tidak merubah wajah desa,” kata Titu Eki.

Menurutnya, saat ini semua ada dalam posisi siaga satu, karena saat ini sudah pertengahan November namun pencairannya baru tahap pertama dan masih tersisa dua tahap lagi. Dua tahap tersebut harus selesai sebelum 20 Desember.

“Seharusnya pada akhir November ini sudah pada posisi 90 % selesai sehingga pada bulan Desember sudah selesai dipertanggungjawabkan dan masih ada waktu untuk mengkoreksi yang salah,” katanya.
Bupati Titu Eki meminta agar para kepala Desa dapat menjalin kerja sama yang baik dengan semua pihak yang ada di desa sehingga tidak ada saling curiga dan pelaporan keuangan dapat diselesaikan dengan baik.
“Jika tidak diselesaikan dengan baik maka kita sebagai penyebab dan penghambat pembangunan di desa,” tandas pria berambut putih ini.

Sementara itu Kepala BPMPD Kabupaten Kupang Yohanis Masneno dalam laporannya menjelaskan, tujuan dari rapat ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan tugas para kepala desa dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang berhubungan pelaksanaan keuangan desa yang berasal dari berbagai sumber antara lain ADD, Dana Desa yang berasal dari pusat, bagi hasil dan lain-lain sumber.

Rapat tersebut khususnya membahas Dana Desa yang telah cair untuk tahap pertama untuk selanjutnya akan dicairkan tahap kedua dan ketiga, sebagaimana telah disampaikan pada rapat evaluasi bulan September lalu.

Melalui Rapat Evaluasi Dana Desa tersebut juga diumumkan beberapa Desa di Kabupaten Kupang yang berhasil menjadi juara dalam kegiatan lomba desa tahun 2015 diantaranya juara pertama, Desa Merbaun Kecamatan Amarasi Barat, juara II Desa Oh’Aem II Kecamatan Amfoang Selatan dan juara III Desa UihTiuhtuan Kecamatan Semau. (sho)

Komentar Anda?

Related posts