Tim Ekspedisi NKRI 2015 Tanam Ribuan Anakan Cendana Di Alor

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Dalam rangka mengembalikan mengembalikan harum cendana di Nusa Tenggara Timur (NTT), Tim Ekspedisi NKRI 2015 Subkorwil-07/Alor menanam 2000 anakan pohon cendana di Padang Panjang dan 3000 anakan di Pulau Sikadan Maoukuru di Kabuaten Alor.

Penanaman ini dipimpin langsung oleh Mayor Cba M. ZuhdiTarigan, selaku Wadansubkorwil-07/Alor yang didampingi Mayor Kav I NyomanArya J. dariKasdim 1622/Alor, Ismail dari Dinas Kehutanan, Brigpol Bambang dari Polsek AlorTimur, Serda Jef Beny dari Koramil 03/AlorTimur, Marten Waangsir, SekcamAlor Timur, serta tim Peneliti Kehutanan yang dipimpin ole hLetda I KomangWidnyana S.

“Alasan penanaman cendana ini adalah untukĀ  mengembalikan lahan kritis menjadi hijau kembali, dimana kawasan ini sering terbakar saat memasuki musim kemarau.” ujar Mapahir Bahari, mahasiswa STAINI yang tergabung dalam tim Peniliti Kehutanan Ekspedisi NKRI 2015.

Dipilihnya anakan cendana kata Mapahir, karena pohon ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan hampir punah sehingga perlu di tanam kembali. Selain itu pohon cendana ini diharapkan bisa bermanfaat bagi generasi yang akan datang.

“Kami harap supaya semua warga bisa menjaga pohon cendana ini supaya tetap hidup. Dan jangan ada lagi yang bakr-bakar lahan supaya tidak menghanguskan pohon yang sudah ditanam ini,” pinta Sekcam Alor Timur, Marthen Waang Sir.

Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara Tahun 2015 merupakan kegiatan ekspedisi yang ke-5, setelah berturut-turut dilaksanakan, yaitu Ekspedisi Bukit Barisan di Sumatera tahun 2011, Ekspedisi Khatulistiwa di Kalimantan tahun 2012, Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi tahun 2013, serta Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara tahun 2014. Selain di wilayah Alor, Peserta Ekspedisi NKRI 2015 ditempatkan di wilayah Karangasem, Lombok Timur, Sumbawa, Bima, Sumba Barat Daya, Ende, dan Belu.

Masing-masing peserta Subkorwilmengemban misi untuk melaksanakan pendataan dan pemetaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), seperti pengabdian masyarakat, penjelajahan, serta penelitian yang meliputi kehutanan, flora fauna, geologi, potensi bencana dan sosial budaya. Di samping itu, Ekspedisi ini juga mengemban misi untuk membuka daerah terisolir, sehingga mendorong peningkatan kesejahteraan sosial dan kesadaran akan pertahanan keamanan wilayah. (sps)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60